Tuesday, November 22, 2011

Latihan Manasik Haji bagi Siswa PAUD

Tanggal 21 November 2011 kemarin Ina latihan Manasik Haji di Islamic Centre. Kegiatan Manasik Haji ini di sekolah Ina tidak wajib. Biayanya Rp. 35.000 sudah dapat Piagam, Foto Bersama Guru dan Orangtua, Tas yang isinya Snack, Susu dan Air Mineral. Untuk TK Islam yang kelas B (TK B), Kegiatan Manasik Haji ini sudah masuk kedalam kurikulum sekolah.

Tujuan Manasik Haji ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa PAUD, juga diharapkan dapat berimbas kepada orangtua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke 5 tsb. Karena anak-anak usia 4-6 tahun memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji..

Berikut ini foto-foto selama Ina melakukan manasik haji, sayang emaknya datang telat jadi foto-fotonya kurang lengkap.


Foto bersama sebelum berangkat

Calon Hajjah Ina

Didalam mobil

Suasana di Islamic Centre

Orangtua yang mengantar

Anak-anak baris di tangga

Suasana Manasik Haji

Suasana Manasik Haji

Mengelilingi Ka'bah 

Selesai

Hajjah Ina, selesai manasik haji trus belanja hihih...


Kegiatan Manasik Haji ini dibuat semirip mungkin dengan kegiatan ibadah haji yang sebenarnya, dari mulai memakai pakaian ihram, niat haji, membaca bacaan talbiyah (labbaikallahumma labbaik....), wukuf, melontar jumrah, sa'i, tawaf, .

Selesai melaksanakan manasik haji, Ina langsung hafal bacaan talbiyah, trus dia cerita katanya habis mengelilingi ka'bah. Subhanallah ternyata kegiatan manasik haji ini sangat besar manfaatnya, mudah-mudahan kegiatan ini melekat terus dalam ingatan Ina, sehingga jika sudah besar kelak Ina bisa melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya....amiin

19 comments:

  1. Sekarang lagi musim ya mbak, manasik haji untuk anak TK.

    ReplyDelete
  2. wah senangnya PAUD bs ikut manasik haji, kalo disekolahnya shishil cm TKA dan TKB aja mam. Tapi ga kebayang jg sih kalo anak2 PAUD disekolahnya shishil ikut manasik haji, secara anaknya lebih kecil2 dibanding ina & temen2nya difoto

    ReplyDelete
  3. @ Susindra : iya mbak soalnya ini udah jadi agenda tahunan yang rutin diadakan tiap tahun.

    @ Herien Kristia : Ya ampun kemana aja mbak lama menghilang heheh.....ina juga abru tahun ini ikut....tahun kmrin sekolahnya ngga ikut krna anak2nya masih kecil. Tapi ngga nyangka mereka pada anteng loch...ngga ada yang nangis padahal nunggunya lama 2 jam. udah gitu mrk dipisah sm orangtua mulai dr berangkat smpai selesai acara.

    ReplyDelete
  4. aammiieennn...
    wah seru bangett yahh..
    lucuuu

    ReplyDelete
  5. Serruu bangget Mam,Lieeur juga ngurusin anak2 TK mah..
    Dulu waktu Olive TK,kbagian manasik haji di Lap.Gasibu,kebetulan waktu itu aku ketua POMG,jadi panitia,geleng2 ngurusin anak2 TK,ampyuun..
    Tapi manasik haji ini pengalaman yang indah buat anak dan tak kan terlupakan,

    ReplyDelete
  6. Kalo udah gede nanti haji beneran ya kk ina. Aamiin... :)

    ReplyDelete
  7. lucunya inaa ^^

    aku ikut aminin deh, biar bisa berhaji secepatnya. psstt jangan lupa ajak tante ya ina :D

    ReplyDelete
  8. murah ya bayarnya, cuma 35 rb udah dapet macem2.
    Dulu waktu Fauzan TK bayarnya 75 rb.

    ReplyDelete
  9. Jiahahaha lucunyaaaa... :D :D

    ReplyDelete
  10. sejak kecil memang perlu diberi dasar agama yang kuat ...

    ReplyDelete
  11. ih lucu..jadi kepengen beneran naik haji mbak..tapi bacaannya masih kalah dengan putra-putrinya mbak Nia kali ya??duh malu..

    ReplyDelete
  12. Seruu ya Mbak :)

    Selalu membuat kita berharap untuk berhaji.

    Salam to Hajjah Ina ;)

    ReplyDelete
  13. seru ya mbak, setidaknya anak2 belajar cara2 haji dari kecil. wah ina bawa boneka tuh. udah lama ga ke islamic centre, tambah bagus yaa mbak.

    ReplyDelete
  14. Salam buat Hj. Ina.. :D

    Pembelajaran seperti ini, harus diterapkan sejak dini, seharusnya ketika di SD juga tetap ada yah kegiatan kaya gini. heheh

    ReplyDelete
  15. subhanallah.... anak-anak ini bikin terharu....

    ReplyDelete
  16. Hajjah kecil!!!
    lucu sekaliiii
    hehehehheee.....

    ka'bahnya keren banget ya
    serasa beneran

    ReplyDelete
  17. Dija juga pingiiiin haji kayak Kakak Ina

    ReplyDelete
  18. murah ya cuma 35rb
    egi kemarin mbayar 200rb beneran
    ampon dah :D
    saya mengaminkan ya mba, semoga kenangan bermanasik haji tak lekang dari ingatan Ina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alahamdulillah,
      35ribu sangat bekesan, Haura mau juga tapi bayarnya harus 150ribu, aduh gimana ya!
      itu belum termasuk konsumsi dan trasportasi, beda lagi, kalo tak ikut, haura tak punya cerita, kalo ikut, .......... ???? beratnya biaya cekolah sekarang mmmhhh ...

      Delete

Silahkan komentar