Wednesday, December 12, 2007

Minggu ke-35

Info dari Infobunda mengenai perkembangan janin di usia kehamilan 35 minggu,

Hai nia,

Pada beberapa wanita akan merasakan gatal disekitar perut atau bahkan akan timbul garis merah. Hormon kehamilan yang menunjang terjadinya rasa gatal tersebut selain itu juga pembesaran pada perutlah menyebabkan jaringan kulit pun membesar, terkadang pembesaran ini juga disertai dengan rasa gatal.

Pada beberapa wanita akan timbul bentol-bentol merah disekitar perut dan diantara stretchmark yang meluas kesekitar paha dan tangan. Rasa gatal ini juga terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules.

Reaksi seperti alergi diatas tidak berbahaya bagi bunda maupun bayi, mungkin dapat dikurangi dengan pemberian salep yang akan ditentukan oleh dokter bunda. Berhati-hatilah apabila rasa gatal menyerang sangat sering, karena dapat dicurigai adanya ketidak normalan pada liver bunda. Berhati-hati pula jika rasa gatal tersebut disertai pembesaran pada bentol-bentol dan muncul sisik maka hal ini juga dapat dicurigai terjadinya herpes pada kehamilan. Apabila kedua hal terjadi langsung hubungi dokter bunda.

Pada minggu ke 35 fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna.

Berat badan bayi bunda 2300-2350 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar