Tuesday, March 6, 2012

Saya Ngga Mau Jadi Blogger Semusim

Bukan Blogger Semusim adalah keyword untuk kontes KOTAK yang diadakan oleh Pakdhe Abdul Cholik edisi tanggal 6 Maret 2012. Setelah Pakdhe menghentikan kontes Aduk, baru kali ini Pakdhe mengadakan kontes lagi. Ini merupakan tantangan yang menarik. Sebenarnya hari ini saya ada jadwal posting review Sotoji, tapi demi Pakdhe postingan itu ditunda dulu sehari hehehe.....

Sejak menyandang status sebagai Blogger, setiap kali saya pergi ke suatu tempat atau ada kejadian sehari-hari yang unik dan menarik, yang ada dipikiran saya adalah : "wah ini bisa jadi bahan postingan nech...!". Yah bahan postingan itu ternyata menjadi beban pikiran bagi saya, apalagi kalau sudah lama ngga update blog. Saya pikir saya harus rajin update blog setidaknya seminggu sekali supaya saya masuk kedalam golongan : Bukan Blogger Semusim.

Kadang yang menjadi kendala bagi emak-emak blogger seperti saya adalah sulitnya membagi waktu antara dunia kerja, mengurus anak dan keluarga, kehidupan di dunia nyata dan dunia maya. Yah ternyata kehidupan di dunia maya ini membutuhkan waktu yang banyak juga untuk update postingan, membalas komentar, dan berkunjung ke Blog sahabat. Jujur kalau sudah di rumah saya tidak sempat untuk buka internet karena kehidupan saya saat itu full untuk hidup di dunia nyata. Sementara waktu untuk di dunia maya justru saya dapatkan ketika saya berada di kantor, karena pada saat itulah saya bisa berkonsentrasi penuh unutk membuat postingan atau kegiatan lainnya di dunia maya tanpa ada gangguan dari anak.

Ide postingan juga biasanya dengan mudah saya dapatkan ketika saya duduk di kantor. Dengan mudahnya jari jemari ini mengetikkan kata-kata yang tercetus di kepala saya. Jangan berpikir saya memanfaatkan fasilitas kantor untuk ngeblog loch, karena selama di kantor saya menggunakan modem mobile yang saya bawa dari rumah. Untungnya saya masih tetap bisa mengerjakan pekerjaan kantor dengan tepat waktu meskipun dalam bekerja disambi ngeblog hehehe....Bukan Blogger Semusim menurut saya adalah blogger yang bisa memanfaatkan waktu yang ada dimanapun dia berada.

Ngeblog menurut saya banyak sekali manfaatnya, selain menghilangkan rasa jenuh ketika di kantor, saya juga bisa mendapatkan wawasan baru dari tulisan-tulisan yang saya baca di blog sahabat. Banyak juga hadiah yang saya dapat dari kontes-kontes yang diadakan oleh sahabat, dan tentu saja saya mendapatkan banyak teman baru di dunia maya yang menurut saya baik hati dan tulus.

Jadi Bukan Blogger Semusim menurut saya adalah :

1. Yang rajin mengupdate blognya, entah setiap hari, dua hari sekali atau seminggu sekali. Dalam artian sejak blog tersebut didirikan, sang empunya blog selalu merawat dan memelihara blog tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga blognya tidak terbengkalai.

2. Rajin mengunjungi blog sahabat yang sudah mengunjungi blognya. Ini penting untuk menjalin tali silaturahmi antara sesama blogger. Ini juga untuk membuktikan kepada sahabat bahwa kita masih eksis sebagai blogger, Bukan Blogger Semusim.

3. Sedapat mungkin mengikuti kontes yang diadakan oleh sahabat dengan maksud untuk menghormati sahabat tsb supaya kontesnya rame peserta, selain itu untuk mengasah ketrampilan menulis dengan tema yang sudah ditentukan oleh penyelenggara kontes. Ini juga dimaksudkan supaya kalo nanti satu saat kita yang mengadakan kontes, sahabat akan mengikuti kontes yang kita selenggarakan (azas timbal balik). Jika kita menang di kontes yang diadakan sahabat, ini merupakan satu kebaggaan tersendiri dan merupakan bukti bahwa ternyata tulisan kita sudah layak untuk mendapatkan penghargaan.

4. Ikut acara Kopdar yang sahabat adakan supaya pertemanan yang sudah terjalin di dunia maya bisa terwujud di dunia nyata. Inilah sisi lain dari indahnya ngeblog.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp.

14 comments:

  1. Saya telah membaca dengan seksama artikel sahabat.
    Akan segera didaftar.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam KOTAK.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Semoga mbak Nia bisa menjadi seorang emak blogger sepanjang musim ya.. semoga pula duo Ina mengikuti jejak emaknya

    sukses kontesnya mbak

    ReplyDelete
  3. Bener, mbak. Kita bukan blogger semusim meski kadang harsu berjibaku mengatur waktu blogging.

    ReplyDelete
  4. semoga Nia bener2 bisa jadi blogger sepanjang musim dgn terus berbagi melalui tulisan.... :)
    (jgn kyk si bunda sepuh ini, blognya dah mulai lumuten... hahaha..) :D :D
    semoga sukses ya Nia di acarnya Pakdhe ini......
    salam

    ReplyDelete
  5. Klo wiken aku jg jarang nge-net mba, waktunya fokus di dunia nyata he he.
    Gudlak ngotaknya mba :D

    ReplyDelete
  6. InsyaALLAH diusahain buat tetep ngeblog :D biar kaga kalah sama bunda Yati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. saya juga, biar nggak kalah sama Bunda yati hehe..

      Buat Mbak Nia, aku mendukungmu Mbak, semoga berjaya. Acacicu ndak usah di dukung ndak apa apa, hahaha.. soale wes telat :)

      Delete
  7. Semangat terus ngeblognya Mbak, dan sukses buat kontes nya ..^^

    ReplyDelete
  8. semoga saya bisa menjadi blogger yang bukan musiman :)

    ReplyDelete
  9. Mama Ina udah duluan aja ^^ Salut euy, gudlak ya dan semoga kita bukan blogger semusim ituh...


    OOT:
    Dari kemarin kemari g bisa komment, mau ngucapin selamat ya untuk 5 tahun yang sudah dilalui bersama :)
    Semoga selalu barokah, makin matep, sucses dan menjadi keluarga samara selamanya ya ^^

    ReplyDelete
  10. Sukses buat,Ibu,..salam Izin follow yaa

    ReplyDelete
  11. sukses buat kontesnya.., mba nia emang rajin ngontes ;)

    ReplyDelete
  12. ayo mbak poin nomor 4 dilaksanakan hehehe

    ReplyDelete

Silahkan komentar