Friday, January 24, 2014

6 Tahun Ina

Tanggal 9 Januari 2014 yang lalu, Ina genap berusia 6 tahun...ahh ngga terasa ternyata anak-anak sudah semakin besar....sudah mengerti banyak tentang suatu hal....termasuk ulang tahun. Selama ini Ina memang sering diundang ulang tahun oleh teman-temannya....kadang acaranya di sekolah, di rumah, atau di Restauran Cepat Saji....kelihatan anak-anak senang sekali kalau mendapat undangan ulang tahun, jauh-jauh hari sibuk nanyain acaranya kapan? sepertinya mereka ngga sabar untuk menghadiri pesta ulang tahun temannya.


1 bulan sebelum hari ulang tahunnya, Ina  sibuk bikin undangan di secarik kertas untuk teman-temannya....disitu ditulis kalo acara ulang tahun ina akan diadakan di rumah jam 4 sore....duuhh trenyuh hati ini melihat ina membuat undangan itu. Dalam hati pengen rasanya membuatkan acara pesta ulang tahun seperti teman-temannya, tapi untuk saat ini sepertinya belum memungkinkan, karena meskipun acara anak-anak, tapi pastinya membutuhkan persiapan yang matang, sementara waktu itu hampir setiap hari saya harus belanja ke Tanah Abang, ngga sempat lagi memikirkan acara pesta ulang tahun.


Pada akhirnya, untuk menyenangkan anak....saya membelikan kado yang banyak dan kue ulang tahun untuk di tiup di depan teman-teman di sekitar rumah, walaupun yang ulang tahun kk ina, tapi teteup kadonya harus beli 2....karena kalo ngga, dipastikan bakal terjadi perang saudara heheheh....Pas acara tiup lilin, karena hujan...yang datang cuma 5 anak. Meskipun begitu, Ina kelihatan senang sekali acara tiup lilinnya dihadiri teman-temannya. Apalagi dd walu, heboh dan super sibuk....siapa yang ulang tahun, siapa yang sibuk hehehhehe......

 dd walu nangis, minta kadonya dibuka

 Ina seneng dapat kado banyak

 belum tiup lilin, kado udah dibuka

 
dd walu sibuk buka kado

Selesai acara, Ina bilang begini : "Ma....Alhamdulillah yachh....acara ulang tahunnya berjalan lancar"....duhhhh makin sedih aja denger Ina ngomong begitu....cuma dibikinin acara seperti itu aja Ina udah seneeng banget, apalagi dibikinin acara yang beneran....Insya Allah yach sayang....tahun depan kalo umur panjang dan ada rejeki, kita bikin acara ulang tahun yang beneran.....

Kk ina dan strawberry cake

Dd walu sibuuk

cuma 5 anak yang datang, dd walu giraang bangett

Ina dan teman-teman

Sunday, January 19, 2014

Calon Ibu Negara Tahun 2014 - 2019 [Repost]

Sebenarnya ini adalah postingan milik suami di blognya. Tapi dasar suami masih kurang pede untuk publikasi, diam - diam saya ambil saja untuk jadi postingan disini. Yah, sambil menunggu orderan dan sambil melihat informasi banjir di Jakarta.

Judulnya : Calon Ibu Negara Tahun 2014 - 2019

Pemilihan Umum tidak lama lagi. Bolehlah dibilang menghitung hari. Termasuk, pergantian pemimpin Negara Kesatuan Republik  Indonesia tercinta, dari yang sekarang Susilo Bambang Yudhoyono ke pemimpin yang akan terpilih nanti.

Secara otomatis, pergantian presiden juga akan berpengaruh terhadap Ibu Negara. Khan gak mungkin Presiden ganti, tapi Ibu Negara gak ganti.

Lalu, siapa Ibu Negara pada periode berikkutnya? Itu semua tergantung hasil pemilu. Saya mau berandai saja. Seandainya yang terpilih jadi Presiden adalah ... (NB: urutan ini bukan berdasarkan elektabilitas. Boleh dibolak - balik urutannya) ...

  1.     Aburizal Bakrie, maka Ibu Negaranya Ibu/Ny. Aburizal Bakrie;
  2.     Wiranto, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Wiranto;
  3.     Jusuf Kalla, makan Ibu Negaranya Ibu/Ny. Jusuf Kalla;
  4.     Joko Widodo, maka Ibu negaranya Ibu/Ny. Joko Widodo;
  5.     Rhoma Irama, maka Ibu negaranya adalah Ibu/Ny. Rhoma Irama;
  6.     Prabowo Subianto, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Prabowo Subianto;
  7.     Farhat Abbas, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Farhat Abbas;
  8.     Gita Wiryawan, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Gita Wiryawan;
  9.     Mahdud MD., maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Mahdud MD.;
  10.     Surya Paloh, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Surya Paloh;
  11.     Dahlan Iskan, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Dahlan Iskan;
  12.     Hidayat Nur Wahid, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Hidayat Nur Wahid;
  13.     Suryadharma Ali, maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. Suryadharma Ali;
  14.     Haji Muhiidin (Haji Abang, Haji RW), maka Ibu Negaranya adalah Ibu/Ny. H. Muhidin;
  15.     Dst.

NB: Maaf jika terjadi salah ketik nama.



Foto : Dokumen Pribadi

Saturday, December 21, 2013

Evaluasi Belajar Semester Ganjil

Hari Kamis kemarin, Ina sudah dapat raport dari sekolah....Alhamdulillah nilainya bagus...berkisar 70-75-80...meskipun tidak dapat rangking tapi saya cukup puas karena ina bisa bersaing dengan teman-temannya yang usianya lebih tua 1-2 tahun. Sebelum pembagian raport, hasil ulangan semester ganjil sudah dibagikan kepada murid-murid, nilai ina lumyan bagus....hampir sama dengan nilai teman-temannya. Memang di kelas ina, saya lihat kemampuan akademis semua murid hampir sama, karena mereka sudah bisa baca semua, jadi hasil ulangan kemarin yang IPA, IPS rata-rata mereka dapat nilai 90-100.... yang agama karena agak susah dapat nilai 60-80....yang bahasa inggris susah banget, nilainya 50-80....PLBJ, PKN nilainya 80-96, matematika 60-80.

Ternyata raport anak sekolah sekarang tidak mencantumkan jumlah, nilai rata-rata sama rangking...karena penasaran, saya tanya sama gurunya siapa saja yang mendapat rangking di kelas. Ternyata yang mendapat rangking 1-3 anak laki-laki semua, menurut ibu guru...ke 3 anak ini termasuk anak yang aktif, dekat dengan guru, berani maju ke depan, dan tulisannya rapih.

Setelah selama 6 bulan ina bersekolah di Sekolah Dasar, saya bisa menagmbil kesimpulan kalau anak mau masuk SD harus sudah bisa baca. Jika ada beberapa orang tua yang ngga setuju anak-anaknya sudah diajarkan calistung di TK, kalau menurut saya pribadi itu salah besar....karena untuk masuk ke SD sekarang ini ada tes baca, tulis dan berhitung.......memang sech untuk masuk Negeri tidak mensyaratkan anak bisa baca, yang penting umur sudah mencapai 7 tahun, tapi nanti setelah anak itu sudah berada di lingkungan sekolah, kasihann....karena kurikulum anak kelas 1 SD sekarang ini susah bangett.....udah gitu 3 bulan pertama ada mid semester, disini soal tidak dibacakan guru, tapi anak harus baca sendiri dan mengisi sendiri....kebayang kan bagimana anak kita nanti kalo belum bisa baca? anak akan minder dengan teman-temannya yang sudah lancar membaca....dan dipastikan nilainya akan jeblok.

Berikut ini beberapa contoh soal waktu semester ganjil kemarin, banyak sekali soal yang salah cetak, salah jawaban, bahkan kolom nama yang paling penting malah ngga ada....



 Ini soal bahasa inggris, menurut saya untuk anak kelas 1 SD soalnya terlalu sulit....bahkan ada yang soalnya salah....seperti soal nomor 5 gambar meja tapi pilihan jawabannya kursi :), soal no. 3 jawabannya udah benar gelas tapi malah disalahin :(


 Soal bahasa Indonesia...soal no 21 kalau gurunya cerdas, seharusnya anak yang tidak mengisi jawaban seperti ina...dibenarkan...karena soalnya yang salah....ibu - dapur - memasak....kan ngga mungkin jawabannya ibu memasak dapur.....emang dapur bisa dimasak....seharusnya soalnya ditambah di supaya anak-anak bisa menjawab dengan benar


Soal matematika, lumayan sulit menurut saya....perasaan dulu waktu saya kelas IV SD baru diajarin soal cerita hihihihi......