Tuesday, March 29, 2016

Jalankan Bisnis Online dalam Genggaman dengan Aplikasi MY JNE

 
Hmmm sudah lama sekali tidak update blog. Sebenarnya banyak informasi/pengalaman yang ingin di-sharing di blog, tapi apa daya waktu yang tidak memungkinkan. Tetapi begitu baca postingan Om NH yang sedang mengadakan kontes tentang aplikasi My JNE saya langsung semangat lagi untuk nulis di blog. Kali aja bisa dapat hadiah utamanya hahahaha .....

Mengenai JNE, saya sudah lama sekali jadi pelanggan setia JNE. Saya menjalankan toko online yaitu kios108.com sejak tahun 2009. Kalau mengingat masa lalu sediih sekali, karena pada jaman itu saya belum punya Smartphone. Saya juga belum menggunakan toko online dengan sistem keranjang (chart), sehingga penghitungan ongkos kirim masih manual. Jadi, kalau kita mau tahu tarif JNE ke suatu tempat, yang paling cepat via telepon ke Agen JNE terdekat. Itu juga masih ada kendala karena kadang teleponnya jarang diangkat lantaran mereka sibuk. Selain itu, kita bisa cek ongkir di website JNE, tapi masalahnya karena saya belum punya Smartphone jadi saya hanya bisa ngecek tarif JNE kalau sedang di kantor atau di rumah.
Resi JNE lama yang masih disimpan

Itu berlangsung beberapa tahun, sampai akhirnya saya dan suami cari solusi bagaimana caranya supaya kita tahu tarif JNE dengan cepat secara offline. Suami coba cari data tarif JNE di internet. Itu sekitar pertengahan tahun 2011. Ketemulah file tarif JNE yang berlaku efektif per April 2011. File dalam format Pdf tersebut trus diprint dan kemudian dijilid. Buku tarif inilah yang kita selalu bawa di tas, karena takut ada pelanggan yang mau order dan minta total harga + ongkir. Jadi dengan cepat saya bisa langsung tahu totalnya. Hmmm lumayan juga tebalnya. Jumlah halaman tarif OKE & REG 232 halaman dan tarif YES 22 halaman, total 254 halaman. Karena base kita di Jakarta, maka tarif setebal kurang lebih 250-an halaman ini adalah tarif Jakarta ke daerah tujuan Jakarta dan luar Jakarta. Artinya waktu itu ada beberapa file tarif yang bisa diperoleh, ada yang barbasis daerah Jakarta, Surabaya, Bandung , dll.

Buku Tarif JNE per April 2011 setebal 254 halaman

Apakah masalahnya selesai? Oh tidak. Yang jadi kendala kalau ada perubahan tarif. Tahun 2013 ada perubahan tarif dengan diterbitkannya tarif baru JNE yang berlaku efektif per April 2013. Dengan demikian saya harus cari lagi data ongkir JNE yang terbaru di internet untuk kemudian diprint dan dijilid lagi.

 Buku Tarif JNE per April 2013

Seiring perkembangan jaman, bisnis kami dipermudah dengan adanya Android. Pada akhirnya kami mulai menggunakan aplikasi tarif JNE Mobile berbasis android keluaran pihak ketiga, dengan basis daerah asal Jakarta. Tentunya, dengan sistem online ini, kita tidak terlalu khawatir dengan perubahan tarif, karena begitu ada perubahan tarif, maka otomatis applikasi minta diupdate. Kami percaya bahwa pihak ketiga tersebut sudah ada kerjasama digital dengan JNE, sehingga segala perubahan tarif di JNE akan berimbas ke Aplikasi JNE pihak ketiga.

Dengan adanya aplikasi ini, ngecek tarif cukup ketik kota tujuan saja

Perkembangan teknologi maju sedemikian pesat, pada akhirnya JNE mengeluarkan aplikasi My JNE pada tanggal 29 Februari 2016 untuk mempermudah dan memperlancar bisnis pelanggan setianya. Aplikasi MyJNE bisa diunduh di Google Play Store.

My JNE adalah aplikasi berbasis android yang menghubungkan nomor telepon kita dengan seluruh kiriman yang kita kirim melalui JNE.

 Aplikasi My JNE sudah menghiasi Hpku

Instalasi
Pertama-tama kita harus install aplikasi My JNE di Google Pay. Cari My JNE (dengan ketik My JNE) di kolom Search kemudian proses install. Kalau memori hape kita masih memungkinkan, maka dalam waktu relatif singkat kita sudah mendapatkan hasilnya.

Install Aplikasi My JNE dari Google Play

Daftar / Registrasi
Setelah proses pemasangan aplikasi, selanjutnya lakukan registrasi atau daftar untuk menjadi anggota. Prosesnya sederhana, isi semua data yang diminta yaitu memasukan nama ID, nomor telepon, alamat email dan password. Proses Pendaftaran selesai. My JNE akan mengambil nomor hp sebagai identitas. Semua data akan merujuk kepada nomor hape yang didaftarkan.


Registrasi di My JNE

Cek Tarif
My JNE keluaran PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) ini menyediakan fasilitas / fitur cek tarif dari semua kota. Artinya, tidak masalah kita mau kirim dari kota mana, dengan mudah bisa mengecek tarif lewat My JNE. Sangat gampang, ketik kota asal (From) dan kota tujuan (To) kemudian Check Tariff. Sistem My JNE akan menampilkan semua jenis tarif sesuai dengan jenis layanan yang tersedia untuk kedua kota tersebut. Untuk fitur ini, kita tidak harus mendaftar sebagai member.

Cek tarif kiriman kini semakin mudah dengan My JNE
Cek Status
Untuk mengecek status kiriman saya tidak perlu lagi masuk ke web JNE trus cari kolom tracking trus ketik no resi. Dengan adanya aplikasi My JNE ini, saya bisa langsung masukkan no resi lalu klik search, dalam hitungan detik sudah mendapatkan hasilnya, lengkap dengan riwayat pengiriman.

Cek status paket kiriman lebih cepat dengan My JNE

My Shipment
Selama ini resi pengiriman JNE tidak pernah saya buang, tapi saya kumpulkan takut kalau satu saat ada pelanggan yang tiba-tiba komplain barangnya belum sampai. Pada akhirnya resi-resi tersebut numpuk di rumah, yang sedihnya kadang ada yang sampai dimakan rayap. Tapi dengan adanya Aplikasi My JNE ini saya sudah tidak perlu repot-repot lagi menyimpan resi tsb, karena semua data barang yang pernah saya kirim via JNE sudah tercatat dengan lengkap disitu. Karena identitas kita di My JNE merujuk ke nomor hp, maka semua data yang terdata di JNE dengan menggunakan nomor hp tersebut akan tersimpan; termasuk data pengiriman sebelum menggunakan My JNE.


Semua data pengiriman paket yang pernah saya kirim bisa dilihat di My Shipment, termasuk pengiriman sebelum ada My JNE

JNE Nearby
Sebagai pengelola Toko Online, saya sudah tahu lokasi JNE yang terdekat karena saya sudah sering kirim paket. Tapi kadang ada satu keadaan yang mengharuskan saya mengirim paket bukan di Agen JNE yang biasa karena sedang mati lampu atau tutup karena renovasi dsb. Tapi tidak perlu khawatir karena di aplikasi My JNE ada fitur JNE Nearby yang bisa mendeteksi keberadaan Agen JNE yang terdekat dengan posisi kita berada saat itu.

Agen JNE disekitar kita akan terdeteksi dengan cepat dengan adanya fitur JNE Nearby


 My COD
Awalnya saya dan suami bingung dengan fitur My COD ini, bagaimana alur kerjanya? apakah seperti Bukalapak, Tokopedia dan Market Place lainnya? ternyata berbeda. My COD disini hanya sebagai Rekening Virtual. Sementara untuk melakukan transaksi, pembeli dan penjual berkomunikasi langsung dari mulai tanya barang sampai deal harga + ongkos kirim. Selama ini kan kadang ada tuch pelanggan saya yang suka tanya ini bisa dipercaya ngga yach? ngga nipu khan?  Nahh ini adalah salah satu solusinya.
Penjelasan lebih lengkap mengenai fitur My COD ini bisa dilihat di postingan saya yang berjudul : "My COD Versi My JNE"

Proses Status Order di My COD


My COD Wallet
Fitur My COD Wallet menampilkan profil pengguna dan disitu ada shotcut ke Transfer, Top Up, Cash Out dan History.  



Transfer fungsinya untuk mentransfer pembayaran dari satu account virtual ke account virtual lainnya, disini akan dikenakan biaya Rp. 2000,-.  


Terms and Conditions

Top Up untuk penambahan saldo ke Account virtual, disitu ada informasi cara melakukan transfer Top Up via Bank Permata atau melalui bank lainnya. Kalau lewat bank lain akan dikenakan biaya adsministrasi sebesar Rp. 12.500,-. dan ketika uang kita sampai di account virtual, biaya yang kita transfer tadi akan dipotong secara otomatis sebesar Rp. 5.000,-. (Sesuai terms & conditions)



 Top Up, Terms and Conditions

Cash Out adalah untuk menarik uang dari Account Virtual ke Real Account, misalnya saya tarik dari account virtual saya di My JNE ke rekening pribadi saya yang sudah diinput di bagian profil.


Cash Out

History untuk menampilkan semua transaksi yang telah dilakukan, misalnya transaksi Top Up, Transfer dan Cash Out.
History Transaksi


Begitu kurang lebih Fungsi dari Fitur-fitur yang ada di aplikasi My JNE. Yang pasti dengan adanya aplikasi My JNE ini bisa mempermudah dan mempersingkat waktu dalam menjalankan bisnis online saya karena semua data yang saya butuhkan sekarang ada dalam genggaman... Sementara untuk pembeli yang takut ditipu oleh Pengelola Toko Online, My COD bisa jadi salah satu solusinya. 

Terimakasih JNE....JNERevolution telah membuat langkah saya semakin ringan....Terimakasih juga untuk Kru JNE yang dengan ramah dan sabar telah membantu melayani kami sebagai pengelola Toko Online. 

Inilah mereka, sebagian kawan - kawan dari kru JNE yang telah banyak membantu saya selama ini di Tanah Abang Blok B.



 

Catatan :
Semua Gambar / Foto (kecuali Banner) adalah milik sendiri, bukan karya/milik orang lain, dan bisa dipertanggungjawabkan.

20 comments:

  1. wahh akhirnya ada yg ngasih komentar juga....selamat yachh...anda akan dpt baju koko full bordir dari sayahh...untuk lebaran hahahaha.....

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum Mb Nia, apa kabar? Wah, lama sekali kita tidak saling silaturrahim ya.. Saya juga sudah lama sekali tidak update blog. Belum tau nih apakah bisa ikutan perhelatannya Om Nh ini, secara waktunya sudah mau habis.. :)

    Sukses selalu buat bisnisnya dan tentu saya untuk perhelatan Om Nh ini ya Mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya uda vizon...sdh lama jg sy ngga update blog hehehe...kabar sy baik uda...sukses jg utk bisnis uda....

      Msh bbrapa jam lg uda...yuukk ikutan kontesnya...

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam wr..wb..maaf uda sampai lupa jawab salam ☺

      Delete
  3. Aplikasi ini penting bangeeeet, apalagi pebisnis online yang menggunakan JNE sebagai mitra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget...mo ngecek ongkir cuma bbrapa detik sdh dpt hasilnya...

      Trims yach sdh mampir ke blog saya...blog yg sdh hampir berdebu..

      Delete
  4. Aplikasi yang sangat memudahkan buat mereka yang suka bisnis ob line

    ReplyDelete
  5. Saya sudah datang ke sini, membaca dan melakukan penilaian terhadap tulisan ini.
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut dalam GA yang kami adakan
    Semoga sukses yaaa ...

    Salam saya
    nh18

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Semakin dipermudah dengan adanya aplikasi macam ini

    ReplyDelete
  8. apa kabar mbak...?
    pastinya udah hafal banget dengan semua fasiliteya..., aku pun pernah merasakan kriman dari mama Ina lewat JNE

    kirim salam buat Ina dan dedek Walu, kangen certita2 mereka berdua

    ReplyDelete
  9. Dengan aplikasi ini, bisnis online jadi terasa lancar ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama HotForex,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex HoTFOREX
    1. HotForex MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya Dan
    4. Kami menyediakan Akun PAMM
    Buka akun anda di hotforexasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : 5B47A2C9

    ReplyDelete
  11. Mantap, inspirasi ni informasinya

    ReplyDelete
  12. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  13. wow infonya keren kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih..

    ReplyDelete
  14. dengan adanya aplikasi ini sangat mempermudah kita dalam bertransaksi online ya mbak :D

    Semoga sukses bisnis Onlinenya mbak

    ReplyDelete
  15. Makasi Mbak Nia udah mampir ke Blog saya. Semoga sukses ya Mbak

    ReplyDelete
  16. Ngirim barang via JNE emang paling gampang

    ReplyDelete

Silahkan komentar