Monday, November 14, 2011

Anggaran Belanja Bulanan Versi Mama Ina

Dapat tantangan dari Pakdhe Abdul Cholik untuk menghitung Anggaran Belanja Bulanan, sebenarnya ini kerjaan sehari-hari Ibu Rumah Tangga. Jadi aku mau coba ikutan, barangkali aja hitungan saya mendekati/sama dengan hitungan Shohibul Kontes (ngarep hehehe....)

Ini hitungan Anggaran Belanja Bulanan versi saya :

- Biaya listrik 1.300 VA                      Rp.  300.000
- Air PDAM                                         Rp.  100.000
- Abodemen Telepon                             Rp.    50.000
- Pulsa Hape (3 Hape)                           Rp.   150.000
- Pulsa BB + Internet                             Rp.   200.000
- Langganan Speedy paket unlimited      Rp.   214.500
- Gas                                                    Rp.  140.000   (2 kompor)
- Beras                                           Rp.   180.000   (yang pulen seliter Rp. 6000)
- M. sayur 2 liter                                  Rp.     30.000
- Kopi                                            Rp.     60.000   (asumsi sehari 2 kali ngopi)
- Rokok                                        Rp.    300.000  (asumsi sehari 1 bungkus)
- Gula  2 kg                                        Rp.      20.000
-Sabun, odol, shampo dll                     Rp.    100.000
- Bensin                                               Rp.     300.000
- Belanja Bulanan                         Rp. 1.000.000 (sayuran, lauk pauk, bumbu dapur)
-Biaya tak terduga                        Rp. 1.000.000 (sakit, kondangan, sumbangan dll)
                                                         _____________
Total                                                 Rp. 4.144.500
                                                       ============

Biaya Tak Terduga Rp. 1.000.000 ini ngga termasuk biaya pengeluaran belanja bulanan, ini hanya dana cadangan. Kalau tidak terpakai dana ini masuk ke dalam Tabungan. Jadi anggaran pengeluaran sebulan yang sebenarnya kurang lebih 3 jutaan.

 Anggaran Belanja Bulanan ini diikutsertakan dalam kontes Anggaran Belanja Bulanan 
                                                            di Blog Pakdhe Abdul Cholik

48 comments:

  1. waduh, cepet banget ngerjainnya ..
    sukses kontesnya ya ..

    ReplyDelete
  2. @ Dey : iya mom....tapi koq ngga rapih yach ketikannya......

    ReplyDelete
  3. @ Dey : iya mom....tapi koq ngga rapih yach ketikannya......

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. dah kelar aje :D

    *masih sibuk sama urusan yg lain hiks*

    ReplyDelete
  6. cepet banget mbak ngerjainnya. saya masih nyari alamat emailnya Bu Dhe, mau minta bocoran sama beliau. hahahaha....

    Kalau liat angka totalnya, mak glek! keselek saya kalau anggaran ini diajukan ke saya. Hehehe...

    ReplyDelete
  7. @ Lidya : berani bayar brp mbak hehehehe......

    @ Nique : iya nech lagi rajin pdhal banyak kerjaan hehehe...

    @ Abi Sabila : setelah dilihat lg kayaknya emang kegedean yach soale cuma berdua...tp dah terlanjur hihih....

    ReplyDelete
  8. Wuihhh.., cepet banget buat rincian anggaran bulanannya...
    Kalau ada kategori ngitung tercepat, bisa jadi juara lho mbak. :)

    ReplyDelete
  9. luar biasa buu,,
    cepet banget..

    daaann,, sebulan bisa mencapai 3 jutaan,,, :D :D
    Kalau tinggalnya di desa mungkin ga nyampe segitu ya bu.. :D

    sukses deh bu kontesnya

    ReplyDelete
  10. @ Catatan Kecilku : iya soale ini pekerjaan sehari2 hehehe...ngga dikantor ngga dirumah.....

    @ Mabrurisirampog : 3 juta msh termasuk kecil loch...klo punya bayi biayanya lbh besar lg....anggaran utk beli diapers sebulan mencapai 200rb, susu bisa mencapai 1 jutaan, blm beli minyak telon/m kayu putih, bedak bayi, shampo bayi, baby oil, makanan bayi yg beda sm makanan org dewasa.....yah kurang lebih 5 jutaan lahh sebulan heheh....

    ReplyDelete
  11. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Saya catat sebagai peserta
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  12. hiks, aku ga berani ngitung anggaran bulanan. yang pasti masih tekoorr hiks

    ReplyDelete
  13. Wuih.. banyak juga ya Mbak anggarannya, gaji yang di dapat aja gak mencapai segitu, yang nekorin siapa tuh hihi..

    ReplyDelete
  14. waaaaahh, bener2 dah dhe cuma bisa manggut2 aja mah.. hahahahaha..

    sukses kontesnya :)

    ReplyDelete
  15. wah, Nia udah klaar aja nih, cepet juga ya....ngebut bikin anggarannya ...

    semoga sukses ya Nia dikontes ini
    salam

    ReplyDelete
  16. huwaaa....bener2 ya ibu akunting, soal anggaran begini ga usah mikir keknya qiqiqiqi

    ReplyDelete
  17. Udah siap aja nich mama Ina, tiap bulan kurang lebih 3 jutaan...boleh juga.

    ReplyDelete
  18. yuhuuu...nyamber aja, Jeng.

    Gudlak yeaaahhh...!

    ReplyDelete
  19. @ Nia Angga : iya sama mbak...tiap bulan tekor terus...

    @ Yuniari Nukti : iya mbak....yang nekor aku dapat dari usaha toko online heheh....

    @ Dhenok Habibie : hehehe...klo msh sendiri mah nyantai yachh...aku jg dulu begitu...

    @ Bunda Lily : iya bunda soale ini kerjaan sehari-hari.....

    @ Orin : iya rin...dah hafal diluar kepala hihih...

    ReplyDelete
  20. @ Adini : iya kalo tinggal berdua doang segitu udah lbh dari cukup heheh....

    @ DewiFatma : iya jeng soale ikutan kontes di blogcamp...menang ngga menang hadiah nyampe ke rumah hihihi......

    ReplyDelete
  21. wah ternyata banyak juga ya anggarannya..
    moga sukses GA-nya :)..

    ReplyDelete
  22. orang rumah tangga banyak juga ya anggarannya mbak Nia? ehm perlu mempersiapkan nih saya hehe


    sukses untuk kuisnya ya mbak

    ReplyDelete
  23. Waduuhh, semoga menang ya kuisnya.
    Wah speedynya lebih mahal dari rumahku, di tempatku cuma 160 apa lupa...

    ReplyDelete
  24. Waah mbak Nia.. Kerjaan sehari2 nih ya mbak... Klo aku msh pusing sm anggaran belanja sendiri.. Gmn caranya tuh anggaran bisa "diet" huhuhuu.. Dikasih tantangan kyk gini sm Pakde aku kayaknya mumet, hehehe,,,

    Tp anggaran sekain klo di Jakarta memang rata2 ya mbak.. Surabaya gak beda jauh sepertinya.. Good luck kontesnya, mbak Nia...

    ReplyDelete
  25. Hemat mbak e.....

    HEmat pangkal kaya, biar kita cepet kaya .. heheheeh

    :)

    ReplyDelete
  26. urusan yg spt ini kaum perempuan biasanya mmg lebih detil ya...:-D
    anggaran internetnya (speedy)besar juga ya....klo saya pke unlimited hanya 50 ribu/bln...
    anggaran rokoknya klo bisa lebih dipangkas lagi bu....
    sukses ya bu ngontesnya...!

    ReplyDelete
  27. Iya mom, utk yang ini beda banget sama Dini dulu.
    Dini dulu saya rajin mom, malah gak ada mabok sama sekalu..paling kalau deket sama suami dan bau wangi2 aja...selebihnya ok semua.

    ReplyDelete
  28. wah sudah ada aja nih mom, aku juga pgn ikutan ah..

    ReplyDelete
  29. mba, ngga ada anggaran beli susu nya ya?

    biaya hidup di jakarta emang lumayan mahal ya -__-

    ReplyDelete
  30. rinciannya detail bgt mbak, sukses ya ngontesnya

    ReplyDelete
  31. Ternyata Emak2 mah sudah lihai membuat anggaran belanja yah..

    sukses ya Mam ngontesnya..

    *aku baru tau tadi siang ada kontes ini* hihhi dasar banci kontes,ngitung2 dulua ahh,..

    ReplyDelete
  32. waduh pendapatan saya dari blogging gak sampe segitu. bisa tekor kalo banyak pengeluaran gitu

    ReplyDelete
  33. @Socahfahreza's blog : Iya...sgitu udah di irit-irit loch hehe...

    @ Lozz Akbar : iya uncle....tp Insya Allah ada aja rejekinya.....kan tiap anak udah bawa rejeki masing2...yg penting kita sbg oranghtua tetap berusaha dan berdoa...

    @ Siiti Rasuna Wbawa : Ini kan anggaran sesuai skenario yg pakdhe buat....asumsinya krna pakdhe pake internet utk cari uang tentunya pake speedy yg unlimited dan cepat dong...dan 214.500 itu paket unlimited yg paling murah.....ada yg lebih murah lagi (paket promo) tp untuk yg pasang baru...klo pelanggan lama bayarnya tetap aja segitu heheh....

    @ Lyliana Thia : aku coba membandingkan anggaran di rumah sm di kantor...mudah2an aja mendekati yg pakdhe mau heheh....

    @ Jumialely : di jakarta segitu udah hemat mbak heheh....

    ReplyDelete
  34. Sudah buat Mbak? hebaat... ini kalau nyontek pasti ketahuan, aku masih orek-orek, jadi maluuu...

    ReplyDelete
  35. @ Bensdoing : iya itu hitungan rokoknya utk sehari 1 bungkus yg jarum super...mgkin klo rokoknya lbh mahal malah lebih besar lg anggarannya heheh...

    @ Adini : iya emang hamil anak pertama sm anak kedua beda yachh....smoga baik2 aja yah kandugannya...

    @ Puteriamirillis : wah mbak Pu mau ikutan juga? saingan dong eheheh...

    @ Nike : ngga ada anggaran susu Mbak, krna ini bukan anggaran belanja saya...tp ini utk kontes...seolah2 anggran belanja suami istri yg anak2nya sdh berumah tangga dan pisah rumah....jd cuma tinggal berdua aja dirumah itu.....begitu ceritanya...

    @ Nurlailazahra : iya nech kalo dah RT semua pengeluaran jd hafal di luar kepala...makanya detail banget yach hehehe....

    @ Nchie : pantes dr kmrin blm ada komenatrnya di blog pakdhe hihihi....siiip di hitung2 jgn sampe salah yach...

    @ Rusydi Hikmawan : iya mas ini kan pengeluaran utk kontes loch....bukan yg sebenarnya...

    ReplyDelete
  36. untuk anggaran belanja rumah tangga seperti ini menteri keuangan rumah tangga saya yang tahu...

    ReplyDelete
  37. terbukti kalao mba nia sering ngitung2 anggaran di kantor dan di rumah, ngerjainnya cepet ;)

    ReplyDelete
  38. wow....banyak pengeluarannya. ntar aku kalo dah nikah apa sebegitu parahnya pula yah... hohohoho

    ReplyDelete
  39. Pa kabar mbak nia?? semoga sehat sehat selalu bersama si dedek walu dan mbak ina :)
    lama tak menjejakkan kaki disini, maaf yah mbak ribet sana sini jadi nggak bisa Full BW...apalagi yang dari blogspot saya gak bisa subcriber dari wordpress sering ketinggalan cerita, namun begitu semoga tali silahturahmi sesama bloggers tetap terjaga :)
    wah ada kuis ditempat pak dhe yah, tahu dari mbak yani tadi terus ngecheck ke tkp kayaknya mbak nia terdaftar yang pertama kali..
    semoga bisa ikutan, sukses kontesnya mbak..:)

    ReplyDelete
  40. Mbak, ketikan saya juga gak rapi. maklum gak tau cara memasukkan tabel dalam postingan, hehe...
    Gudlak ya, Mbak... :)

    ReplyDelete
  41. Huft... aku belum berhasil ngitungnya.. :(

    ReplyDelete
  42. Hehehe, masih Mbakyu setia jadi banci kontes?? Sukses yah Say.

    Dooohhh mangap dah lama ga mampir damri. Baru sempet ngeblog neh. Ini ajah mumpung Double Zee masih kebo

    Apa kabar Duo Ina? Sehat kan? Salam metal dari Double Zee yaaaa :-)

    ReplyDelete
  43. Barusan dari lapaknya Pak Dhe.. Gusti Mbok, beneran susah kalau suruh ngerjain ginian n gak bisa ngitung anggaran rumah tanga.

    Sukses yah, Mbak Nia :)

    ReplyDelete
  44. gaji aku aja sebulan cuma 2jt,ini masih bujangan apa lagi kalau udah nikah & punya anak kaya mba
    harus lebih giat lagi nyari duitnya,buat nutupin uang dapur nie,hadehh

    ReplyDelete
  45. aku gak jagooooo bikin anggaran beginian

    ReplyDelete
  46. Wah artikel yg bagus nih, bisa buat dipraktekin utk hemat belanjaan tiap bulan agar gak bikin kantong cepet bolong...soalnya aq orangnya suka belanja, apalagi belanja jilbab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG. karena jilbabnya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya udah berbagi tips dan ceritanya...

    ReplyDelete

Silahkan komentar