Thursday, September 8, 2011

Suka Duka Pedagang Online

Syukur Alhamdulillah selama bulan puasa kemarin boleh dibilang kios108 kebanjiran order. Ini salah satu berkah di bulan Ramadhan. Dan saya sangat berharap untuk kedepannya kios108 tetap kebanjiran order meskipun bukan bulan puasa. Untuk itu kami sedang mengkaji ulang kira-kira produk apa yang bisa dijual dan laris sepanjang hari. Karena selama ini kios108 kan hanya menjual baju koko dan mukena yang  larisnya menjelang lebaran aja.

Kebanjiran order adalah salah satu suka pedagang online. Sementara dukanya ada juga loch...diantaranya :


1. Kadang ada pembeli yang sms mau beli barang dengan kode ini itu. Barang sudah saya siapkan. Bahkan ketika ada pembeli lain yang mau membeli barang yang sama saya katakan stoknya habis. Tapi ternyata pembeli pertama ngga kunjung transfer, sementara pembeli yang lain saya tolak. Jadi barangnya masuk stok lagi dechh.......

2. Nahh kebalikannya dari yang atas, kadang kalo saya menanggapi orderan dengan malas-malasan pembelinya malah langsung transfer. Kelabakanlah saya karena sebenarnya saya belum ngecek stoknya ada apa ngga...maklum jualan nyambi kerja jadi begini ini hehehhe......

3. Kemarin saya chating dengan Mbak Iyha yang katanya baru saja kena tipu. Jadi jangan dikira yang bisa kena tipu itu cuma pembeli online aja lochh...karena ternyata ada juga pedagang online yang ditipu sama pembelinya. Dan puasa kemarin saya juga nyaris kena tipu. Untungnya suami sudah mengingatkan untuk berhati-hati. Jadi ceritanya ada satu pembeli dari Makassar yang mengaku namanya H. Abdul Halim. Dia mau membeli baju koko sebanyak 80pcs dengan total Rp. 8.400.000 belum termasuk ongkos kirim. Pertama-tama dia minta diskon besar dan Free Ongkir. Setelah saya hitung-hitung itu mah sama aja kerja rodi. Dapat orderan banyak malah ngga ada untung sama sekali. Dia memakai alasan "amal mbak di bulan puasa dan bagi-bagi rejeki", tapi saya pikir-pikir enakan dia dong kalo saya kasih diskon gede plus ongkir.....kalo mau beramal mah mending sama orang yang membutuhkan, bukan sama pedagang yang jelas-jelas barangnya mau dijual lagi dan dia akan mengambil keuntungan dari situ. Udah gitu ini orang bolak balik telepon ngga kenal waktu, kadang pas saya lagi buka puasa, waktunya sholat taraweh, lagi sahur, bener2 bikin orang panik. Dia telepon menanyakan barangnya udah di packing belum? udah dikirim belum? barangnya ada semua apa ngga? yah saya bilang bayar aja dulu, kalo udah dibayar baru saya kirim barangnya. Dia beralasan Banknya udah tutup besok pagi aja transfernya tapi dia minta tolong barangnya dikirim dulu karena takut ngga kekejar waktunya karena lebaran udah mepet. Tapi saya ngga terpengaruh sama omongannya. Prinsip saya transfer dulu baru barang dikirim. Ehh bener aja tuch besoknya dia ngga transfer-transfer sampe lebaran tiba....Hmmm penipuan model baru, dia bikin pedagang panik dengan menelepon bertubi-tubi padahal dia sendiri belum transfer.

4. Tapi meskipun saya sudah berhati-hati tetap aja ada yang lolos. Ceritanya ada satu pembeli lagi dari Lhokseumawe yang membeli baju koko dan mukena untuk dijual lagi. Dia order pertama tanggal 23 Juli dengan total orderan 5 mukena 3 Baju koko, trus barangnya di retur 1 dan dia pesan lagi. Nahh dipesanan yang kedua ini dia belum bayar tapi barangnya sudah lengkap semua dan sudah saya packing. Karena terburu-buru mengejar waktu, saya ke Jne mengirim paket yang lain yang waktu itu total paket yang dikirim ada 12. Ealah dalah ternyata paket yang ke lhokseumawe itu ikutan kebawa padahal orangnya belum bayar. Karena waktu order pertama pembayarannya lancar jadi saya tetap kirim barangnya seraya mengabarkan ke orangnya untuk transfer secepatnya karena barangnya sudah terlanjur dikirim. Ternyata setelah saya bolak balik  telepon cuma janji-janji aja tapi ngga dibayar-bayar. Malah ujung-ujungnya dia mau retur lagi barangnya. Akhirnya saya bilang dibayar aja dulu yang pengiriman sebelumnya kalo soal retur gampang. Tapi sampai detik ini dia baru bayar separuh. Sisanya belum dibayar padahal dia janji sebelum lebaran akan dilunasi. Barusan saya sms katanya tanggal 23/9 akan dilunasi. Yahh semoga aja dia ngga bohong lagi. Dan Kalo emang masih rejeki saya pasti dia bayar. Kalo bukan rejeki saya mudah-mudahan diganti dengan rejeki lain yang lebih besar. aamiin.....


Saran saya untuk sesama pedagang online, supaya terhindar dari penipuan adalah :

1. Jangan tergiur dengan order-an yang banyak. Pastikan dulu pembayarannya sudah benar-benar masuk ke rekening baru di kirim barangnya. Kadang pedagang sangking ingin menerapkan sistem "respon cepat" jadi mengabaikan hal yang satu ini.

2. Meskipun pembeli sudah pernah beberapa kali order, kita tetap harus waspada....Jangan mudah percaya karena komunikasi kita dengan mereka hanya lewat sms, email atau telepon. Kita tidak mengenal mereka secara phisik, juga tidak tahu dengan pasti dimana mereka tinggal. Meskipun mereka sudah memberikan alamat belum tentu itu alamat yang mereka tempati.

Yah kira-kira begitulah hikmah yang bisa saya petik dari kejadian selama bulan puasa kemarin. Yang saya ngga habis pikir koq bisa yach mereka mau menipu pedagang online yang berjualan baju koko dan mukena yang  notabene barang-barang itu dipake untuk menghadap Allah SWT.

12 comments:

  1. Jadi tau bila nanti menjadi pedagang online..

    Saya juga termasuk orang yang suka berbelanja online...dan yang paling sering sama temen saya di yogja...meskipun kami belum pernah ketemu lama-lama kami udah macam tetangga lama. kalau dihitung udah mau 3 tahun kami berteman tapi belum pernah ketemu.....

    kalau saya belanja online suami saya yang suka nasehatin,....duit udah di trasfer nanti barangnya di kirim gak, kayak lebaran kemarin nyoba2 belanja di tempat lain online juga.

    dan alhamdullilah barangnya sampai juga 2 hari menjelang lebaran.

    ReplyDelete
  2. nice info mbak, insya Allah semakin banyak pengalaman dalam berbisnis online maka akan semakin banyak hikmah dan pelajaran yg bisa diambil, sukses selalu ya mbak

    OOT : kisah kepulangan ibunya Rizky pernah aku posting di " http://nurlailazahra.blogspot.com/2011/03/ketika-cobaan-itu-menjadikanku-naik.html " mbak

    ReplyDelete
  3. Kalo liat barangnya mbak nia, sweer ngiler. Tapi kok jauh ya? Hehehe

    ReplyDelete
  4. chika jg kepengen mba jadi pedagang online...

    tapi masih harus banyak belajar
    karena resikonya besar

    ReplyDelete
  5. 1. Kalau itu mang rejekimu pasti akan mengalir kepadamu nak, entah darimana datangnya.

    2. Memang harus tegas, gak ada uang, gak ada barang gitu aja.Sekarang banyak penipu kok.

    3. Hayoo segera survey barang apa yang kira2 digemari orang walau bukan lebaran supaya tokonya jaya terus.

    4. Saya doakan laris-manis nduk.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  6. @ Ibu Dini : iya aku juga punya pelanggan yang udah 3 kali lebaran tetep pesan sm aku...dia tinggalnya di amerika....meskipun belum pernah ketemu tp kayak udah kenal lama....punya toko online juga bisa nambah sahabat lochh....

    @ NurlailaZahra : iya bener...tiap tahun ada aja pengalaman yg bisa diambil hikmahnya...aamiin makasih atas doanya yachh...

    @ Tarry : iya klo dkirim ke hongkong kejauhan hehehe...tapi aku tiap tahun kirim ke amerika lochh...krna ada orang indonesia yg tinggal di amerika udah 3 kali lebrana pesen mukena sama baju koko di toko onlineku....

    ReplyDelete
  7. @ Chika Rei : iya pertama-tama merintis toko online berat banget, tapi setelah kesini lancar-lancar aja.....ayo klo mau buka toko online diwujudkan mimpinya secepatnya ehhe....aku doakan smoga mimpinya jd kenyataan...aamiin

    ReplyDelete
  8. @ Pakde :

    1. iya pakdhe aku udah ikhlasin....mudah2an dapat ganti yg lebih banyak....aamiin

    2. bener pakdhe, penipuan bisa menimpa siapa saja...baik pedagang maupun pembeli...

    3. Kayaknya mau jualan batik nech pakdhe..sekarang kan kantor2 mewajibkan karyawannya pake batik tiap hari jumat.....

    4. aaminn...makasih doanya pakdhe...ajdi terharu....

    ReplyDelete
  9. Bener, mbak. pembeliku yang sudah 9 tahun tetap repeat order saja tetap harus lunas dulu baru barang dikirim. Apalagi yang baru 1-2 x repeat order, ya

    ReplyDelete
  10. saya juga pernah ngalamin kejadian seperti Mbak Nia ..

    Ya, di ikhlasin aja ... kedepannya supaya berhati2 lagi ..

    ReplyDelete
  11. benar mbak jangan sampai kirim barang sebelum transfer

    ReplyDelete
  12. nice posting, lebih hati2 aja jika ada orderan harus transfer dulu baru kita kirim.

    ReplyDelete

Silahkan komentar