Thursday, September 22, 2011

Belajar Mengaji

Terhitung sejak tanggal 12 September, Ina mulai belajar mengaji di Musholla dekat rumah. Sebenarnya udah dari dulu aku pengen masukin Ina ke Pengajian, tapi setiap aku tanya sama anak-anak yang pulang ngaji, ternyata disana anak yang paling kecil umurnya 5-6 tahun. Mau cari pengajian yang khusus anak 3 tahun yang deket rumah ngga ada. Akhirnya aku coba dech barangkali Ina bisa ngikutin pelajaran. Dan Alhamdulillah sudah 10 hari ini lancar-lancar aja. Ina bisa beradaptasi dengan teman-temannya yang rata-rata sudah SD.

Ina waktu sholat id

Metode Pengajarannya bukan pake buku Iqro, tapi buku Qiro'ati...semacam buku iqro tapi dicetak untuk kalangan sendiri. Sebelum pelajaran dimulai, anak-anak baris dulu. Selama baris anak-anak menghafal doa-doa sehari-hari. Ayat-ayat pendek, sama bacaan sholat. Jadi kalo hari ini yang dihafal doa sehari-hari, besoknya ayat-ayat pendek, besoknya lagi bacaan sholat. Ina belum bisa ngikutin semuanya tapi ada sebagian yang Ina udah bisa karena sudah diajarkan di Sekolah. Dan aku yakin kalo terus menerus di ulang setiap hari anak akan hafal dengan sendirinya.

Setelah baris kemudian anak-anak masuk ruangan untuk belajar. Ruang belajar dibagi 3 kelas yang belajar jilid 1, 2 dan 3. Gurunya juga ada 3. Setelah masuk kelas anak dipanggil satu-satu untuk memulai pelajaran mengaji. Sementara yang ngga dipanggil menulis di buku. Kata Bu Gurunya Ina pinter, cepet ngerti kalo diajarin, tapi sayangnya "sekarepe dewe" dalam artian kadang-kadang mau dsuruh baca Alfatihah, di waktu yang lain ngga mau. Udah gitu belajarnya maunya loncat-loncat ngga mau urut halamannya. Hihihihi bener-bener nech anak....nurun siapa sech???? hehehe.....

Baris sebelum masuk kelas


Ina jadi murid paling kecil hihih....

Sayangnya ina masih manja. Hari pertama sama kedua Ina cuma diantar trus aku tinggal, kalo dah mau pulang baru dijemput. Tapi hari ketiga sampai sekarang Ina maunya ditungguin sama Mamanya. Kalo Mamanya ngga kelihatan Ina buru-buru keluar terus pulang. Hmmm mudah-mudahan ini cuma sementara aja, soalnya kalo setiap hari ditungguin kayak gini kasihan adiknya ketemu mamanya cuma sebentar hehehe.....

Aku berharap di umur 10 tahun (7 tahun kedepan) Ina sudah khatam Al-Qur'an, mudah-mudahan...amiin. Rencana tahun ajaran depan Ina juga mau aku masukin ke TPA dekat rumah yang katanya lumayan bagus materi pelajarannya dan banyak hafalannya. Aku pengen banget anak-anakku kelak menjadi orang yang sukses dan seimbang antara iptek dan imtaq. Aku juga berharap anak-anakku kelak menjadi anak yang soleha, yang selalu berjalan di jalan yang lurus. Karena ngeri melihat pergaulan anak-anak jaman sekarang. Insya Allah kalo iman mereka kuat, mereka bisa memilah milah sendiri mana yang boleh dan mana yang ngga boleh.


Duo Ina

serupa tapi tak sama

48 comments:

  1. Amiin smoga harapan mamanya tercapai.

    Murid plng kcl plng pinter donk xixi

    ReplyDelete
  2. amiin wah, semoga ga di tunggui ngaji lagi sama mamahnya hehe

    amin semoga cepet gede dan masuk TPA hehe

    ReplyDelete
  3. Ina, kakak mau minta bajunya boyeh ya? *tarik2 baju muslimnya*

    ReplyDelete
  4. Ina paling mungil ya .. lucu, mudah2an Ina betah & cepat bisa khatam ya ...

    Sharing nih, Fauzan juga dulu pernah ngaji ke mesjid, awalnya semangat gak mau dianterin, tapi beberapa hari kemudian, pulang sambil nangis. Dia gak cerita kenapa. Sejak itu, sama sekali gak mau kalo disuruh ngaji ke mesjid.
    Akhirnya, mulai TK kemarin, manggil guru ke rumah. Daripada ngga ngaji sama sekali, soalnya kalo sama ortunya suka ngga mau di ajarin, yg ada malah berantem .. :D

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah Ina cepat belajar ya mbk,..
    anakku cuma sehari ikutan ngaji, terus ga mau lagi..parah ya! padahal teman2nya banyak..hehee
    semoga Ina dapet banyak ilmu ya Nak,,amin!

    ReplyDelete
  6. semoga apa yg menjadi harapan ibundanya dapat tercapai, aamiin!

    begitulah anak2, angot, tp semoga Ina bisa bertahan yaaa

    ReplyDelete
  7. Subhanallah... senang banget bila anak kecil mau disekolahin baca Al-Qur'an kek gitu ya, Mbak...
    Bila dulu yang mengajari kita adalah guru ngaji, sekarang banyak pilihannya :)
    Semoga bisa cepat lancar baca Al-qur'annya :)

    ReplyDelete
  8. Waaah Ina pinter ya udah ikutan ngaji sama kakak2... ^_^

    Semoga semua harapan dan do'a dikabulkan Allah ya Mbak, amin... :-)

    ReplyDelete
  9. Waaah Ina pinter ya udah ikutan ngaji sama kakak2... ^_^

    Semoga semua harapan dan do'a dikabulkan Allah ya Mbak, amin... :-)

    ReplyDelete
  10. duo ina pinter deh, tubuh boleh yg paling kecil, tp kemampuan insya Allah bs menyamai yg lain ya sayang :)

    ReplyDelete
  11. wah sukses yah adek kecil...

    Semoga menjadi Generasi Qur'ani yang jauh lebih baik...amin

    ReplyDelete
  12. wah... mba , paling seneng kalo liat anak kecil belajar ngaji gini. lucuuuuu....Dulu pernah jadi guru tpa, klo pas sesi cerita ga tahan liat mimik wajah seriusnya... jadi tiap beberapa menit aku ciumin hehehe... untung ibunya ga marah.

    ReplyDelete
  13. Duo Ina lucu banget pakai baju muslim gitu ...

    Pengen ah nanti ngajari Vay mengaji juga....

    ReplyDelete
  14. aamiin yaa Rabb..
    mulia sekali bu doanya,, semoga Allah mengijabah, tentunya dengan usaha dan doa...

    ReplyDelete
  15. Waaah,., hebat, semoga nia lekas pandai mengajinya...

    ni amel juga lagi bujuk adek biar mau ngaji lagi.. kelamaan libur jadi males dia

    ReplyDelete
  16. Oot: skrg di hk, kalo udah dipenjara pasti masuk dftr blacklist dan ga bs gnt identitas mbak. Karna KTP nya pake sidik jari. Jd kalo masuk imigrasi dan jari ditempelin maka semua data asli akan terlihat. Untuk tkw hk ga ada yg brngkt ilegal tp tkw nya sndr yg meng ilegalkan diri. Ya kaya si vava itu. *halah panjang amat commentnya* xixi

    ReplyDelete
  17. wah ina keren masih kecil udah belajar ngaji
    pendidikan agama memang penting dari kecil yah nia

    ReplyDelete
  18. amiiin, kita sama2 berusaha ya mbak. anak laki dan perempuan jaman sekarang sama saja menidiknya hrs hati-hati.salam pu nya mbak

    ReplyDelete
  19. @ Tarry : iya mbak...jadi anak bawang xixixi...

    @ K(a)Z ; iya nech...mudah2an besok dah bisa ditinggal...biar mandiri gitu heheh...

    @ Honeylizious : boleh kak..tp pasti ngga muat kalo kakak yg pake heheh...

    @ Dey : bener mom, anak2 ngga bisa diajarin sm ortunya...yg ada banyak membantahnya hehehe....ina juga begitu mom, sempet ngga mau ngaji lagi...tp aku bujukin..makanya skrang ditungguin...ternyata penyebabnya krna teman2nya udah besar2 terutama yg laki2...itu pada kasar becandanya....klo pulang suka jorok2an smpe pada jatoh...trs suka iseng mati-in lampu klo ngga ada gurunya...tp aku incer anak2 yg badung, pulangnya aku ancam klo macam2 sama ina hehehe....emaknya preman, belom tau dia....

    ReplyDelete
  20. @ Ketty Husnia : anaknya dcoba lagi aja mbak suruh ngaji...tp hrs dtungguin...biasanya anak ngga mau krna ngga nyaman sm suasananya...contoh klo kayak ina krna teman2nya pada bandel.....

    @ Nique : amiin...smoga ina betah ngaji disitu..kalo aku lihat pola pengajarannya udah bagus...

    @ Kakaakin : iya ka, sekarang dah banyak pilihan utk belajar mengaji...aminn...mudah2an ina lancar mengajinya.

    @ Lylianathia : amiin...iya mbak, klo ngajinya libur aja ina pengen tetep ngaji heheh...kerajinan....

    ReplyDelete
  21. @ Nurlailazahra : amiin, semoga yach kak...biar paling kecil mudah2an bisa menyamai kakak2nya....

    @ Dhymak : amiin..makasih doanya yach om...

    @ Bunda Kanaya : iya guru ngaji ina yg satunya sepertinya guru TK juga, jd kadang2 suka diselingin sm cerita2...

    @ @zizydmk : iya mbak kalo vaya udah mau masukin ke pengajian aja yg deket2 rumah...

    @ Mabruri : iya...mudah2an ina mau ngaji trs biar jd anak yg soleha..

    ReplyDelete
  22. @ Amela : iya anak2 suka gitu yachh..kelamaan libur jd males..mudah2an adiknya ngga males lagi...

    @ Julie : iya kak....pembentukan karakter anak sepertinya ditentukan waktu kecil seperti ini...makanya harus buru2 dimasukin ngaji heheh....

    @ Puteriamirillis : iya mbak...mudah2an kita bisa mendidik anak2 kita utk selalu berada di jalan yg lurus...

    ReplyDelete
  23. Ngaji memang sangat penting ya di ajarkan pada anak yang masih kecil, lebih baik belajar dari kecil daripada belajar nanti dah telat dan sudah dewasa., semangat ya mba

    ReplyDelete
  24. ya memang dari kecil harus sudah diajar soal agama sama anak2. karena itu adalah bekal moral mereka

    ReplyDelete
  25. semoga anak2 kita menjadi anak2 yang dibentengi iman ya dan dibekali ilmu yang bermanfaat. aaminn

    ReplyDelete
  26. semangat ngajinya ya Ina, semoga menjadi anak yang sholehah. btw itu baju muslimnya beli di kios108 ya? :)

    ReplyDelete
  27. memang begitulah anak2, Mam
    mereka masih ingin bermain juga sambil belajar
    tuh buktinya Ina , dah pinter baca al-fathihah
    semoga Ina jadi anak sholehah ya Mam, aamiin
    salam

    ReplyDelete
  28. waah hebat euy ina dah blajar ngaji semoga jadi anak sholeha .. seneng ya mbak kalo lingkungannya gini .. sekolah deket , pengajian juga ada .. :)alhamdulillah yaaa ..

    ReplyDelete
  29. Amiiinnnn ...
    Amiiinnnn ...

    Saya mengamini segenap doa Mama Ina ...

    Semoga tercapai ...

    Salam saya Mama Ina

    ReplyDelete
  30. Duo Ina kompax banget ya...

    Aku do'akan Ina semangat belajar ngajinya dan semoga harapan juga do'a Mama Ina terkabul, Aamiin...

    ReplyDelete
  31. aamiin, semoga duo ina bisa menjadi anak yang sholehah.. yang rajin belajar ngaji nya yaa ina.. :)

    dan sekarang pasti ina lucu kalo melafalkan huruf Ro, soalnya berubah jadi Lo.. iya kan mah?? hehe

    ReplyDelete
  32. Amin, doa yang sama kupanjatkan buat anak-anakku tercinta.

    ReplyDelete
  33. Belajar mengaji memang sebaiknya dimulai sejak dini karena lebih mudah.
    Nanti jika tiba waktunya juga harus dibiasakan membaca terjemahannya agar mereka tidak hanya fasih mengaji tetapi juga memahami artinya sehingga bisa mengamalkannya.
    Maklum banyak yang fasih mengaji tetapi tak mau tahu artinya.

    Semoga si cantik menjadi anak yang sholehah. Amin

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  34. Hmmm...semangat Adik Ina hehehe,,senangnya Dik Ina sudah bisa ngaji

    Semoga harapan Mbak Nia terkabul dan kelak menjadi anak yang sholehah Aminn

    ReplyDelete
  35. Amiiiin, ikut senang membacanya Mba. Kita harus bersyukur karena ditempat lingkungan kita masih ada yang masih mau mengajarkan pendidikan agama untuk anak-anak usia dini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  36. semoga cepet pintar mengaji ya :)

    ReplyDelete
  37. wah kk Ina jadi paling kecil ya di sana.. tapi insya Allah deh jika Ina rajin, keinginan mbak Nia dia khatam saat umur 10 tahun bakal kesampaian.. aamiin.

    ReplyDelete
  38. Setuju mbak, anak2 harus di ajar mengaji dari dini karena pendidikan agama ini yang akan mereka ke jalan yang lurus...

    ReplyDelete
  39. Pertama kali biasanya adalah proses untuk beradaptasi dengan lingkungan dulu, baru kemudian materi pelajarannya menyusul. Anak saya dulu juga begitu, malah ketika disuruh baca dia gak mau. Tapi lama2 akan terbiasa mengikuti alur pembelajarannya kok...

    ReplyDelete
  40. disnilah mbak sbgai org tua yg di uji kesbran anak krn anak yaitu sakarepe dewe, krn anak sblum masa baligh belum terisi oleh akal hanxa nafsu. dan bgt mengjak blgh bru akal akan di masukannya untk mengontrol nafsu kalau gak salh bgt dari hadist yg ak bc
    oy
    ak td ktw sndiri hehe anakx ngaji ibuny ngblog heheak yaitu sakarepe dewe, krn anak sblum masa baligh belum terisi oleh akal hanxa nafsu. dan bgt mengjak blgh bru akal akan di masukannya untk mengontrol nafsu kalau gak salh bgt dari hadist yg ak bc
    oy
    ak td ktw sndiri hehe anakx ngaji ibuny ngblog hehe

    ReplyDelete
  41. Ah klo saya sih masih wajar Mbak anak usia 3 tahun klo diajari susah, tapi dibiarkan aja Mbak biar dia pinter bersosialisasi, pinter ya Ina, semoga di usia 10 tahun nanti Ina benar-benar bisa menghatamkan AlQur'an...

    ReplyDelete
  42. ikut meng-amini doa mama nia semoga terkaul ya..

    ReplyDelete
  43. Haduh .... pinter banget ya kakak inaaa
    udah bisa mengaji. hehehee

    kapan adik dija diajarin ngaji Kak??

    ReplyDelete
  44. Nah yaaa kaka Ina nuru siapa niiiih sakarape dewe gituh? hihihihi

    ReplyDelete
  45. Ina yang paling kecil ya.
    Mulai mengaji seperti mau masuk sekolah ya ada barisnya juga, moga Ina makin pintar ngajinya dan lancar dalam hafalan surat2 pendek ya...

    Kakak Dini juga udah lumayan lancar...dan skg udah mau masuk iqro 4.

    ReplyDelete
  46. ngaji dari kecil lebih bagus daripada waktu dewasa...suliit...
    lingkungannya mendukung...

    ReplyDelete

Silahkan komentar