Thursday, July 31, 2008

JENIS JENIS KANKER PADA ANAK

Orangtua harus mengetahui gejala dan jenis kanker pada anak. Berikut ini jenis-jenis kanker pada anak :

Leukimia
Leukimia adalah kanker darah yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Pengidap leukemia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar. Gejala yang perlu diwaspadai dan sering ditemukan pada leukimia antara lain pucat, demam yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang dan pembengkakan perut.

Tumor Otak
Tumor pada otak dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). Gejala yang harus diwaspadai pada tumor otak adalah sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot. Dapat pula disertai daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran atau perubahan perilaku. Pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol. Hal lain yang perlu dicurigai ialah bila terdapat gangguan berbicara dan keseimbangan tubuh, anggota gerak melemah atau kejang.

Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah kanker mata yang sering dijumpai pada anak. Gejala yang perlu diwaspadai ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya, seperti mata kucing. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

Limfoma
Limfoma maligna adalah kanker kelenjar getah bening. Kanker ini biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak, selangkangan dan usus tanpa disertai rasa nyeri. Bila timbulnya kelenjar getah bening dalam usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejala sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar dan demam. Bila tumbuh di daerah dada maka dapat mendorong atau menekan saluran napas.

Neuroblastoma
Neuroblastoma adalah suatu jenis kanker saraf yang dapat menunjukkan banyak gejala, tergantung pada letak dan penyebabnya. Neuroblastoma dapat terjadi di daerah leher atau rongga dada dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil melebar. Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat. Tumor di daerah perut akan teraba bila sudah besar.

Tumor Wilms
Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering dijumpai pada anak. Kanker ini dapat ditandai dengan kencing berdarah, rasa tidak enak di dalam perut, dan bila sudah cukup besar teraba keras, biasanya diketahui ketika anak dimandikan.

Rabdomiosarkoma
Kanker ini dijumpai pada otot di mana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat (kelenjar kelamin pria) dan vagina. Gejala yang ditimbulkan bergantung letak kanker. Pada rongga mata menyebabkan mata menonjol keluar. Di tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan napas, radang sinus (rongga-rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan) atau sulit menelan. Di saluran kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah.

Osteosarkoma
Osteosarkoma adalah kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri pada tulang perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang. Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai, lengan dan pinggul. Kadang-kadang didahului oleh rudapaksa (benturan keras) seperti jatuh dan sebagainya.

Sumber Warta Kota

7 comments:

  1. Artikelnya bagus banget Mbak....

    Semoga kita semua terhindar dari penyakit tersebut.

    btw, mbak bisa check imel ya Mbak?

    ReplyDelete
  2. Liat gambar headernya bikin laper, eh... mbaca deretan penyakit tu bikin hueks... hihihi... Btw, postingan ini bermanfaat banget!...

    ReplyDelete
  3. artikelnya sangat bagus mbak jadi buanyak tahu tetang cancer...he...?

    ReplyDelete
  4. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit,termasuk penyakit kanker darah, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

    ReplyDelete
  5. Artikel yg sangat bermanfaat..
    senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. informasinya yg sangat bagus dan bermanfaat, semoga kita bisa selalu menjaga buah hati kita dari penyakit tersebut

    ReplyDelete
  7. Dari sejarah yang saya baca, penyakit sepert kanker, anak autis dan beberapa penyakit tak lazim lainnya baru ada setelah vaksinasi cacar di populerkan. Sebelum ada vaksinasi, tidak ada penyakit penyakit semacam itu. Huh .. jadi curiga dunia medis dikendalikan oleh kapitalis tak berperikemanusiaan .

    ReplyDelete

Silahkan komentar