Friday, February 22, 2013

Ngga Enak Jadi Orang Kecil

Hmmm benar benar ngga enak jadi orang kecil, selalu diremehkan, dianggap ngga mampu, dianggap belum pantas, dianggap belum waktunya dan selalu dipandang sebelah mata. Ini membuat saya jadi putus asa, hilang harapan dan patah semangat.

Jadi ceritanya saya sudah niat untuk memasukan Ina ke Sekolah Dasar tahun ini juga, meskipun saya tahu kalau menurut aturan pemerintah, se-umuran Ina belum bisa masuk SD Negeri, makanya saya berniat memasukan Ina ke SD Swasta. SD Swasta yang sudah saya incar jauh-jauh hari tak lain dan tak bukan adalah sekolah SD saya dulu, yang dekat dengan rumah, yang lulusannya hampir 100% dapat SMP Negeri.. Selama ini kami sekeluarga dan hampir seluruh tetangga saya sekolahnya di sekolah ini.

Sekolah ini berdirinya sudah lama sekali, dan para alumnus dari sekolah ini sudah banyak yang berhasil menjadi "orang". Bahkan Sekolah ini meskipun lokasinya di dalam Gang, tapi keberadaannya sudah disetarakan dengan Sekolah Dasar Negeri. Selama ini saya mengira akan dengan mudah memasukan Ina ke sekolah tersebut, tapi ternyata dugaan saya salah besar.

Hari senin kemarin, kami dapat kabar bahwa Sekolah Swasta yang saya maksud sudah mulai membuka pendaftaran untuk murid baru, karena saya lagi sibuk...akhirnya saya minta tolong saudara saya untuk mendaftar ke sekolah. Peraturannya anaknya harus dibawa karena mau di test dulu untuk ditempatkan di kelas A atau B. Begitu sampai di sekolah, Kepala Sekolah melihat perawakan Ina yang kecil tanpa di test apa apa langsung menolak mentah mentah, ditambah lagi umur Ina yang baru 5 tahun. Dapat kabar seperti itu saya langsung lemes, masa sech ina harus ngulang di TK lagi....sementara ina udah sekolah di PAUD dan TK selama 3 tahun.

Akhirnya berbekal saran dari teman, saya datang sendiri menghadap ke Kepala Sekolah. Sampai disana saya jelaskan kalau Ina sudah 3 tahun bersekolah di PAUD dan TK, sudah bisa baca meskipun belum lancar benar, ngajinya di sekolah sudah Iqro 2, di pengajian sudah Qiro'ati 2, anaknya sudah merengek-rengek minta sekolah di SD, takutnya kalo balik ke TK lagi malah jadi males sekolah karena kelamaan di TK, saya jelaskan emang anaknya kecil karena orangtuanya imut-imut....lagipula Ina kan masih dalam masa pertumbuhan, nanti lama lama besar juga hehehhe........saya jelaskan juga kalo saya sekeluarga dulu bersekolah di sekolah tsb (taku Pak Kepala Sekolah lupa sama saya, tapi ternyata masih inget), saya ingatin juga kalo Ina itu cucunya ibu Hj Fatimah Ismail hihihi......(Dulu Pak Kepala Sekolah sama ibu saya termasuk kenal lumayan akrab) dengar penjelasan saya yang panjang lebar tersebut akhirnya Pak Kepala Sekolah luluh juga, Ina boleh daftar di sekolah tersebut tapi nanti bulan mei. Ya udah saya bilang jangan lupa yach pak sisain satu kursi untuk ina.....Sampai sekarang saya masih harap-harap cemas menunggu bulan mei...mudah-mudahan Ina beneran bisa masuk SD tahun ini juga....

Beginilah ngga enaknya jadi orang kecil, padahal teman Ina yang seumuran tapi badannya bongsor bisa masuk loch ke sekolah SD.....

20 comments:

  1. hhehehe ina kecil kan emang masih kecil, ntar udah sd pasti gede banget deh :D

    semoga masuk yaa ina di sd itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin......makasih doanya yach tante niar yang cantik........

      Delete
  2. Replies
    1. Emang sebenarnya belum bisa 5 tahun masuk sd...tapi itu kan cuma teori....kenyataan di lapangan banyak koq yang umurnya 5 tahun udah sd.....contohnya tetangga dan keponakan saya sendiri.....saya pikir klo memang anaknya mampu....ngga masalah.....buktinya dulu waktu jamannya saya....banyak teman sekelas saya yg umurnya beda 2 tahun dr saya dan mereka pintar pintar...akhirnya saya masuk jajaran anak yang umurnya tua gara gara ikut anjuran pemerintah masuk sd umur 7 tahun......

      Delete
  3. pascal juga kecil kan mbak. oh ya Juli nanti Ina umurnya berapa? kalau SD Swasta disini min 6 tahun untuk masuk SD karena faktor kematangan anak aja sih. semoga Ina bulan Mei nanti bisa diterima ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ina tahun ajaran nanti 5,5 tahun mbak.....disini juga minimal harus 6 tahun....tapi aku minta dispensasi mudah mudahan bisa....

      Delete
  4. semangat ya ina.. semoga masuk deh,
    dulu adekku juga gitu mbak, tapi umurnya hampir 6 tahun sih,trus dites sama gurunya dan lolos malah nilainya lebih bagus dari yang lain. akhirnya diterima trus disuruh maem yang banyak biar cepet gedhe hehehe

    ReplyDelete
  5. Duuuh kecian juga Ina kalo sampe bosen di TK yaaah :)

    Mudah2an aja bisa keterima di SD yang diharapkan bulan Mei nanti yah mba :)

    ReplyDelete
  6. Haha, orang kecil saya kira orang yg ekonominya biasa2. Ternyata kecil bodynya hikz
    Masa 5 tahun udah bisa masuk SD mbak? Di tempat saya minimal 7 tahun baru bisa masuk SD lho

    ReplyDelete
  7. hehehhe,,,smg bisa keterima ya mah. emg ga enak jd org kecil, kyk Diya tuh yg udah SD klas 1 tp msh aja dibilang TK Kecil, dia mah bete erus xixi

    ReplyDelete
  8. biar kecil tapi kan pinter ya inaa....hehe

    Mudah2an ina bisa masuk SD tahun ini ya mbak. Anak saya dulu masuk SD umurnya 5,8 mbak.

    ReplyDelete
  9. kalo Ina bisa masuk SD umur 5, hebat banget Mbak,,,,
    pingin juga deh kayak gitu...
    semoga Kak Ina bisa masuk SD yaa
    semoga Dija kelak juga bisa meniru kakak Ina

    ReplyDelete
  10. Semoga saja Ina bisa sekolah dan masuk tahun ini ya Mama Ina

    Salam saya

    ReplyDelete
  11. judulnya sempat membuatku terkecoh mbak... kirain orang kecil disini adalah "orang kecil" (dengan tanda petik) ternyata orang yang bertubuh kecil to... hehehe

    Semoga aja bulan Mei dapat deh sekolahnya. Walau sebenarnya emang umur 5 tahun belum waktunya masuk SD sih... :)

    ReplyDelete
  12. kebijakan tiap sekolah beda-beda. . . Dikampung saya meskipun umurnya 5 thn plus badannya kecil, kalau anak tersebut minimalnya sudah bisa ngitung 1-10 terus sudah bisa bilang "R" (heheh canda) banyak yang sudah bisa masuk sekolah.

    Sekolahnnya di sini jah mba_pasti di terima ^_^

    ReplyDelete
  13. Kalo umur belum cukup masuk SD kasihan mbak. Idealnya emang 7 tahun atau 7 kurang dikit. Ntar kalo kurang dari itu pas kelas 3 keatas kasihan. karena belum umurnya jadi belum matang dan cenderung keteter. Gitu kata para pakar mbak. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  14. biasanya standarnya minimal 5 tahun 9 bulan untuk usia minimal masuk SD swasta mom nia...Kalau badan kecil harusnya bukan patokan ya, tapi umur...Kalau terlalu muda juga nampaknya akan berpengaruh terhadap kesiapan anaknya mom..

    ReplyDelete
  15. Yaelah pak kepsek... Kan yg penting anaknya sudah mampu ngikutin pelajaran toh..

    Cemunguuudh Inaa... ;-)

    ReplyDelete

Silahkan komentar