Wednesday, September 19, 2012

Tentang Ina

Seiring bertambahnya usia, makin lama Ina makin kritis...dan kalau dilarang, Ina akan mengajukan argumentasi yang masuk akal....kami sebagai orangtua jadi kebingungan sendiri untuk melarang Ina. Contoh kasus diantaranya seperti dibawah ini :

- Satu waktu Ina lagi main komputer, karena duduknya terlalu di ujung kursi...akhirnya begitu ina bergerak sedikit kursinya langsung mundur ke belakang dan Ina terjatuh. Efek dari jatuh itu bibir Ina berdarah dan jadi JONTOR.....Yess!! ini kesempatan bagi kami untuk menakut-nakuti Ina agar ngga ngempong lagi. Pada waktu bibirnya jontor itu, Ina mau mendengarkan penjelasan dari kami dan ngga ngempong lagi. Bahkan begitu bangun tidur Ina bilang begini : "Maa...sekarang di rumah ini udah ngga ada yang ngempeng sama ngempong lagi....horeeee..." *sambil tepuk tangan sendiri*. Tentunya sebagai orangtua kami senang karena pada akhirnya Allah menunjukan jalan yang mudah sehingga dengan sendirinya Ina ngga ngempong lagi. Tapi ternyata ke-esokan harinya kami lihat Ina ngempong lagi, pas Papanya kasih tau "Kaka Ina jangan ngempong...nanti bibirnya jontor lagi kayak kemarin"...eh diluar dugaan ina menjawab begini : "iih papa ini...sebentar-sebentar jontor...sebentar-sebentar jontor...emang jempol kaka ina paku apa....masak ngempong aja bibirnya jadi jontor...kalo jatuh kayak kemarin tuch...baru jontor". Makjleb...Papanya langsung bengong sambil nahan ketawa.....

 Ina lagi asyik ngempong

- Satu lagi kebiasaan Ina, dia senang sekali loncat-loncat...bahkan waktu itu pernah jatuh dan dengkulnya berdarah....satu malam waktu ina loncat-loncat di kasur, dilarang sama papanya...."Kaka Ina jangan loncat-loncat...nanti kalo jatoh berdarah lagi kayak kemarin"....Eh ina jawab begini : "Yah ngga berdarah lah pah...kan ini kasur...empuk...kalo jatuh di bawah tuch baru berdarah". Upss papanya ngga bisa berkata-kata lagi hihihihi.....

 Ina di MOI

- Di sekolah Ina ada 4 baju seragam yang harus dipakai....untuk hari Rabu, Kamis Ina pakai baju seragam kotak-kotak. Hari Jumat pakai baju seragam Batik. Nahh pada waktu hari jumat kemarin Ina ngga mau pake batik, maunya pake baju kotak-kotak yang kemarin....Udah dibujukin Ina tetap ngga mau pake batiknya. Akhirnya kami agak sedikit memaksa agar ina mau mengikuti peraturan sekolah untuk memakai seragam yang telah ditentukan. Setelah nangisnya reda, saya tanya ke ina kenapa ngga mau pakai seragam batik, begini jawabannya : "Ina maunya pake seragam kotak-kotak...soalnya baju yang itu kan ada kantongnya...jadi Ina bisa nyimpen uang disitu, kalo yang batik ngga ada kantongnya". Trus saya kasih tau lagi supaya Ina dari kecil harus mengikuti peraturan, ngga bisa se-enaknya sendiri...karena kalo ngga pake seragam nanti bakal dihukum sama gurunya...eh ina jawabnya begini : "Ngga koq.... ngga dihukum sama Ibu Guru...kemarin aja ada temen ina yang ngga pake seragam...ngga papa koq mah.....".wuihhh gawat kalo begini, maksud hati ingin menanmkan disiplin sedini mungkin kepada anak, ehhh ternyata lingkungannya ngga mendukung. Saya juga heran loch...di sekolah ina yang TK ini...masih ada aja murid-muridnya yang memakai seragam ngga sesuai peraturan, dan ngga ada tindakan apa-apa dari sekolah....hhmmm susah kalo begini, argumentasi dari kk ina terlalu kuat hihihiih.....

 Lihat aja...seharusnya pakai seragam olahraga, 
tapi masih ada anak yang pakai seragam batik

 Sebenarnya sudah dapat jilbab dari sekolah, 
tapi masih ada murid yang pakai jilbab sendiri...
gak meching lagi hihihi....

- Kemarin ina minta beliin mainan, saya bilang ngga punya uang...kan mama udah ngga kerja lagi....nanti aja nunggu papah...ina langsung jawab : "ya udah kalo gitu kita ke tm-tm aja (maksudnya ATM) nanti mama masukin kartunya...pencet-pencet...keluar dech uangnya...jadi mama ngga usah nunggu papa...." Hmmm kalo begini terus ngomong sama ina....bisa jatuh harga diri sebagai orangtua, abis di skakmat terus hihihih......

Ina lagi belajar membaca

28 comments:

  1. Iya Ina makin besar tentu makin pintar ya, makanya makin kritis :)

    ReplyDelete
  2. waaah.... good girl Ina.. ayo bikin skakmat lagi papa mamanya..... hehehe....

    ReplyDelete
  3. wah ina tambah pinter ya...

    Ina, foto dibawah lagi main di MOI ya...kok fotonya gerak2 gitu sich....hayooo ajak2 dunk

    ReplyDelete
  4. Ina makin pinter jawabnya ...
    mam, udah dicoba bobok dgn boneka atau bantal kesayangannya, kasihan nanti bentuk gigi depannya nggak bagus..

    ReplyDelete
  5. tapi menurut saya, bagus kok anak yang gak bisa diem mbak,
    loncat sana, loncat sini,
    gak enak justru liat anak2 pendiam..

    ReplyDelete
  6. Ina uda semakin bisa aja bikin jawaban ya ^^

    ReplyDelete
  7. Haloooo..
    Hei..hei..mama Nia..
    hei..hei..ponakan yang cantik Ina dan dd Walu..
    Maap..maap ya baru nebgikkin lagii..
    Kangeun deh sama cerita si Mama nih..

    Haduuh Ina Udah gede ya, makin pinter ajah..
    Bikin mamanya rempong..

    Mama Pa kabarnya, semoga sehat selalu beserta keluarga..

    ReplyDelete
  8. Hahaha Ina pinter...
    Eh btw, emang jempol enak apa diemutin gitu, hihihih~

    ReplyDelete
  9. Ina pintar ya. sebetulnya dari pihak ortu ya mbak kalau mau menanamkan disiplin dalam berpakaian seragam. kadang juga ada ortu yg lupa pakai seragam apa tapi difoto itu kok banyak ya yg beda seragamnya

    ReplyDelete
  10. Ina semakin kritis ...
    hehehe semakin cerdas ...

    Merupakan tantangan kita sebagai orang tua untuk memberikan pengertian yang bisa sesuai dengan nalar fikirannya ...

    Salam saya Mama Ina

    (mengenai seragam ... mmmm saya rasa memang sekolah harus konsekuen dengan aturan yang telah ditetapkan ...)(supaya tidak double standart)(nanti bikin anak-anak bingung ...)

    ReplyDelete
  11. wkwk..jawaban ina bikin ketawa dewh..
    btw kayak ikhsan sukanya ngempong jari tangannya tapi stelah 1,5 tahun berhasil disapih gara-gara dia muntah2. Trus ga mau lagi ngempong jari tangan...

    ReplyDelete
  12. Saleum,
    Syukurlah Ina kecil dah mau ngerubah kebiasaan tsb, ada tuh dikampung saya, sekarang sudah kelas 3 SMP, tapi masih suka ngempong kalau sedang tidur. Tu lah karena sejak kecil gak ada yg ngelarang, akhirnya kebiasaan sampe sekarang

    ReplyDelete
  13. Perkembangan anak memang selalu menakjubkan dan mengejutkan kita ya Mbak..
    Apa yang dilakukan Ina, sebetulnya juga pernah kami alami. Segala aturan, bisa saja dilanggar oleh anak-anak dengan alasan yang sulit bagi kita untuk membantahnya.

    Reaksi berlebihan terhadap hal tersebut tentu tidak baik.
    Sikap bijak kita sangat dituntu dalam hal ini.. :)

    Semoga Ina segera bisa membaca ya..
    Jangan kayak anak kecil yang disampingnya itu, dari kapan tau, masih aja belajar baca dan gak pernah bisa-bisa...
    *itu patuuuunggg..* hahaha.. :D

    ReplyDelete
  14. Kereeeeenn Kakak Ina keren banget
    super kritis ya Mbak...

    subhanallaaah harus makin berhati hati kalo ngomong ya
    soalnya Ina kritis banget tuh

    ReplyDelete
  15. Kakak Inaaaa....
    Dija juga pingin sekolah nih. tapi sampe sekarang belom tuh...
    heran

    ReplyDelete
  16. Waaahh...lama ga mampir, ina udah gede aja Dan makin Pinter ya

    ReplyDelete
  17. ade nya sangat cantik dan semogga ina menjadi anak solehah,,,,,,,,,

    ReplyDelete

Silahkan komentar