Monday, October 1, 2012

Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran


Mendengar kata tawuran, ingatan saya terulang kembali ke masa masa waktu saya masih kecil. Dahulu kala di tempat tinggal saya sering sekali terjadi tawuran antar kampung. Sebenarnya masalahnya hanya sepele….tapi karena ada orang yang memprovokasi, akhirnya terjadilah perang antar kampung……Saya sering merasa ketakutan setiap kali mendengar ada ribut-ribut dijalanan. Bahkan waktu itu saya sempat bilang ke ibu saya untuk pindah rumah aja ke tempat yang lebih aman, tapi karena ngga ada dana untuk pindah rumah…dengan sangat terpaksa kami tetap bertahan tinggal di lingkungan itu. 

Intinya tawuran terjadi karena adanya sekelompok orang/warga yang sering nongkrong dipinggir jalan, sambil minum dan main judi (kadang main cewek), karena kondisi mereka ngga stabil, jadi kalo terjadi gesekan sedikit aja akan terjadi keributan, yang parahnya kadang mereka mengajak anggota gangnya untuk terlibat juga yang pada akhirnya terjadilah tawuran.

 Menurut pengamatan saya, tawuran yang terjadi di wilayah saya waktu itu terjadi karena 3 aspek :

1.     Ada ketuanya.

Jadi waktu dulu ada tetangga saya yang berprofesi sebagai perampok kelas kakap, yang kalau ditangkap ditahannya di Nusa Kambangan. Dia sudah menjadi residivis yang sangat terkenal dan punya pengaruh besar dikalangan teman-temannya. Nahh ada beberapa kakak dan adiknya yang kelakuannya seperti preman (meskipun ngga merampok). Setiap hari mereka berkumpul di perempatan dengan para anggotanya. Apa yang mereka lakukan setiap malam disana? Apalagi kalau bukan mabok dan berjudi.

2.      Adanya Pembiaran / Sikap Masa Bodoh dari Tetangga.

Yahh pada waktu itu, kalau mereka sudah ngumpul-ngumpul di perempatan…ngga ada seorangpun yang berani melarang…apalagi lapor polisi,karena kalau ketahuan bisa fatal akibatnya. Apalagi dulu yang  punya pesawat telepon baru 1 rumah, jadi kalau tiba-tiba polisi datang, pastilah yang punya pesawat telepon ini yang di-incar preman-preman tsb.

3.     Tokoh agama dan para ulama kurang berperan aktif memberantas keberadaan mereka.

Sebenarnya di tempat tinggal saya banyak sekali masjid, mushola dan majlis ta’lim. Tetapi sayangnya para ulama tsb tidak bisa berbuat banyak menghadapi ulah para preman yang sering sekali berbuat keributan.

Tetapi alhamdulillah sekarang tempat tinggal saya sudah jauuuh lebih aman dibandingkan dulu. Sekarang mau pulang malam jam berapa-pun ngga perlu takut lagi. Ini disebabkan karena biang keroknya udah ngga ada lagi (baca meninggal dunia). Jadi menurut saya ada 3 tips untuk menanggulangi tawuran yaitu :

1.       Tangkap biang kerok yang jadi ketua atau orang yang dianggap ketua geng. Ibarat anak ayam yang kehilangan induknya, biasanya kalau ketuanya udah ngga ada, anak buahnya ngga bisa berbuat apa-apa, karena sebenarnya mereka ngga punya nyali. Banyak dari mereka yang terlibat tawuran kadang ngga tau duduk masalah yang sebenarnya alis cuma ikut-ikutan aja, ada juga yang ikut karena takut sama sang ketua, dan lain-lainnya.

2.       Perlunya peran aktif dari warga untuk ikut memberantas tawuran. Caranya mudah aja koq, sekarang kan udah banyak warga yang punya pesawat telepon atau hape, kalau melihat ada kerumunan warga yang lagi minum-minum diujung gang, segera telepon kantor polisi. Dijamin dalam setengah jam mereka akan lari kucar kacir begitu melihat mobil patroli polisi datang.  Intinya bubarkan kerumunan warga yang sedang berkumpul ngga jelas itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3.       Sebenarnya mental dan akhlak yang baik perlu dipupuk dari kecil, untuk itu bekali anak-anak kita dengan ilmu agama yang banyak, sehingga kalau sudah besar nanti mereka ngga gampang diprovokasi oleh siapapun, anak-anak kita juga nantinya punya filter yang baik sehingga tau mana yang benar dan mana yang salah. Kalau sudah terlanjur ada warga yang calang, kewajiban para ulama lah untuk menyadarkan mereka supaya mereka kembali ke jalan yang benar.
 
Kurang lebih itulah cara mencegah dan menanggulangi tawuran berdasarkan pengalaman masa kecil saya tinggal di lingkungan brooklynnya Indonesia (baca Free York) hehehehhee….. Meskipun dulu Free York terkenal daerah rawan, tapi  banyak juga loch artis-artis yang asalnya dari Free York diantaranya : Trio Libels, Obbie Messakh, Cici Paramida, Kristina, Ussy Sulistiawati, Syaiful Jamil dll. (Terus….gw harus ngomong wowwww gitu…???) hihihihi ...efek dari berkunjung ke Blognya Om NH nech…

  
Artikel  ini tidak diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu : Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran di Taman Blogger.com



310 comments:

  1. ha ha ha ha ..>>kayaknya gua harus ngomong wow deh abis baca blog ini..sukses kontesnya mama ina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mom...tp ini ngga dinilai koq...cuma ikut meramaikan hajatan Pakdhe.....ayo mom ikutan....

      Delete
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat sebagai sponsor dan cheer leader.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Pakdhe....makasih juga sudah berkunjung ke blog akyuu heheheh...

      Delete
  3. Sewaktu sekolah, kelas 3 SMU tepatnya, pernah mengalami tawuran yang lumayan wow...

    btw,
    "Artikel ini tidak diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu"

    ada kata tidak disituh, maksudnya?? :D
    ooo.... sponsor ***baru ngeh

    salam kenal mbak/mama ina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga...iya mas kalo saya ikutan kontes ini bisa dijewer sama pakdhe heuheuheu........

      Delete
  4. Karena tulisan ini statusnya sebagai peserta yang dicuekin, maka saya kasi nilai 100 untuk postingan ini.. Hadiahnya ambil sendiri di Kios 108 ya, haha.. :D

    Saya tertarik dengan Tokoh Agama yang kurang aktif tersebut ya..?
    Tidak bisa salahkan juga sih pendapat tersebut. Karena, perubahan orientasi dari tokoh agama saat ini sangat mencolok. Dari yang tujuannya benar-benar dakwah, mengajak kepada kebaikan, sudah berubah kepada komersialisasi.. Bagi mereka, pencerahan umat sudah tidak begitu dipentingkan. Pokoknya, performance kudu keren dan bayaran mentereng, hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Uda....dulu itu menurut pemikiran sy yang masih bocah...kenapa yach tokoh agama yang paling disegani di seantero jakarta (pada waktu itu) ngga bisa menegor mereka secara baik-baik agar tidak bikin rusuh di kampung sendiri.....kalo mo bikin rusuh disono nohhh yang jauh.....soale kalo warga biasa yang menegor kan bisa habiiiss kita....wong Pak RT aja ngga berkutik, tapi kalo tokoh ulama yang maju kan...paling tidak suaranya masih didengar....

      Tapi menurut cerita yg saya dengar dr ibu saya....di hari-hari terakhirnya....Tetangga saya itu sudah mau insyaf...dia ngomong ke orang-orang kalo bulan Ramadhan yang sebentar lgi akan datang, dia mau ikutan puasa, sholat taraweh, belajar ngaji....tapi sayang sebelum niat itu teruwujud....malam harinya dia ditembak PETRUS di dekat rumahnya....yachhh smoga aja niat baiknya itu sudah menjadi amal bagi dia......

      Delete
  5. saya ada sepupu yang masih SMA, suka banget berantem,
    kemarin saya marah2in, hehe
    takut ntar dia jadi anak yang suka tawuran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas Yudi...harus sering dipnatau sepupunya kalo diluar rumah...soale anak yg seperti itu gampang sekali terpancing emosinya...apalagi kalo diajak teman2nya....nanti kalo ngga ikutan dianggap ngga solider.....smoga aja ngga terjadi hal2 yang ngga diinginkan yachhh.....

      Delete
  6. He3 yang kocak penutupnya itu lho.... :)
    Kayaknya memang harus partisipasi kita bersama, mulai dari orang tua, tokoh masyarakat seperti RT, RW, Lurah, CAmat, Walikota, Gubernur dan Kemendagri dll, tokoh agama dan Kementerian Agama, guru dan Mendikbud, Kementerian Sosial, Kementerian Hukum, aparat keamanan mulai dari satpam, polisi, TNI, Kejakasaan, pengadilan. Jagan dilupakan juga LSM, baik LSM anak maupun wanita, bahkan Dharma Wanita harus ikut andil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas Uded semua lapisan masyarakat harus ikut terlibat memberantas tawuran yang seolah sudah menjadi tradisi ini.....yachh smoga aja setelah ini ngga ada lagi berita di TV tentang tawuran sekolah atau tawuran antar kampung (dan memang sebaiknya berita2 seperti ini ngga usah disiarkan di TV....supaya ngga menjadi virus di tempat lain)

      Delete
  7. keren mama Inda
    semoga semakin banyak pelajar yg memahami bahwa tawuran itu gak OK :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes setuju kang Achoey...tawuran ngga OK...yang OK itu makan MIe Janda...ahhh jadi laperrr hehehe...

      Delete
  8. mungkin perlu dibentuk paguyuban kerukunan antar kampung mbak, dimana kegitannya diarahkan ke hal-hal positif macam kerja bakti. Menurut saya sih tawuran itu terjadi karena kekurangakraban antar warga saja.

    seratus wis buat artikel ini hihihi

    ReplyDelete
  9. artikel ini gak dinilai pakde kan mbak hehehe masa sponsornya menang nanti. apa kabar mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Lidya....artikel ini statusnya di cuekin hahhaha.....

      Alhamdulillah kabarku baik mbak.....

      Delete
  10. sukses ya bu, saya nanti nyusul.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiip....ditunggu artikelnya yachh....kali aja menang....aamiin

      Delete
  11. semoga tawuran tak terjadi lagi... kami rindukan damai :)

    ReplyDelete
  12. setuju juga kalo ketuanya di ciduk.. biar anak buahnya kocar-kacir.. Krn kl mrk bukan org pengecut, mereka gak bakal tawuran ya..

    ReplyDelete
  13. semoga tawuran di Indonesia tidak ada lagi yah wah mbak kenai kalau seandainya ketuanya diciduk nanti malah genk tersebut milih ketua lagi

    ReplyDelete
  14. mba Niaaaa :)
    apa kabar? Lama gak mampir :)

    Memang tawuran belakangan ini bikin ngeri yah mba :(
    Mudah mudahan gak ada tawuran lagi deh...

    Semoga sukses di hajatnya pakde ya mba :)

    ReplyDelete
  15. Tiga hal yang penting untuk diperhatikan untuk mencegah dan menanggulangi tawuran. Dengan demikian, semoga di negeri tercinta ini sudah tidak ada lagi tawuran. Malu. Katanya beragama, berbudaya, dan beradab.

    Semoga sukses ngontesnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. nice info mba, terima kasih banyak, salam sehat,,

    ReplyDelete
  17. ijin menyimak ya, terima kasih..
    sukses teruss..

    ReplyDelete
  18. semoga anak anak kita kelak dijauhkan dari hal hal yang berkaitan dengan tawuran ya Mbak

    ReplyDelete
  19. Saleum mbak,
    Tawuran memang sulit diberantas karena sudah identitas negara kita. Liat saja mereka begitu bangganya bertempur dan berperang, cuma sayang, lawannya warga negara sendiri. buatku, mereka itu banci. beraninya cuma kroyokan.
    semoga menang kontesnya mbak

    ReplyDelete
  20. Sangat tepat... kita harus cari tau dulu siapa dalang diantara kejadian itu..

    ReplyDelete
  21. tak ada akibat kalau tak ada sebab, mantab :)

    ReplyDelete
  22. #Info : Tulisan ini ke 6, searching pada Google :D

    ReplyDelete
  23. Mulailah mendidik anak kita dengan baik muai dari sekarang,,

    ReplyDelete
  24. Salut mbak, meski tidak ikut kontesnya tetapi tetap ikut menyumbangkan ide penyelesaiannya masalahnya ...
    Semoga usahanya makin sukses mbak ...

    ReplyDelete
  25. Halo mbak,

    salam kenal. :)
    tipsnya bagus nih.. miris juga ngeliat nyawa yg udah melayang akibat tawuran. selayaknya memang harus berhenti.

    oh ya, saya ngadain kontes menulis berhadiah kecil2an nih, infonya bisa dilihat diblog saya.
    Ditunggu partisipasnya ya.

    thanks
    JUN_P.M

    ReplyDelete
  26. mbak nia ikutan kontes juga nieh....tapi juga sponsor yah..meramaikan dan urun saran yah mbak nia...
    hmm sip mbak setuju banget sama ulasannya..semoga tawuran nggak jadi budaya bangsa kita yah mbak..bisa diberantas tuntas tass...
    lama juga nggak berkunjung disini....maaf yah mbak nggak bisa full bw sk=arang kerjaan ampun ampunan...udah bisa posting dan tulis menulis di blog aja alhamdulilah itupun dicicil nulis dirumah...:)
    btw makasih banget batik nya dari kontes sebelum lebaran lalu..aku pake lebaran lho mbak..bagus aku suka..:)
    salam untuk kak ina dan walu pasti dah TK skg..:)

    ReplyDelete
  27. mantap nie mbak artikel nya sangat bagus dan salam kenal aja,,,,,,,

    ReplyDelete
  28. mudah-mudahan bisa direalisasikan ya,,, karena ini sangat poridtif sekali bagi masa depan para pelajar di Indionesia..

    ReplyDelete
  29. oh jadi ini dalam rangka kontes ya,, tapi emang artikelnya bermanfaat ko soalnya menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  30. ide yang sangat positif,,, semoga bisa direalisasikan dan tawuran pelajar di indonesia bisa berkuarang... amin

    ReplyDelete
  31. Ya bener banget tuhh.... kalo ketuanya udah kaga ada pasti anak buahnya gx bakalan berani berbuat apa2 lagi... wong mereka berani cuma karena ada ketua dan keroyokan....

    ReplyDelete
  32. bener banget, risih deh kalo liat orang pada ngumpul gitu

    ReplyDelete
  33. popstingan yang sangat bermanfaat gan....

    ReplyDelete
  34. mau apa negara ini kalau gax pada damai setuju banget artikelnya sangayt bermanfaat

    ReplyDelete
  35. setuju artikelnya sangat bermanfat semoga menjadi pencerahan agar tidak ada tauran di negri tercinta ini ........

    ReplyDelete
  36. trimakasih atas infonya ............. bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  37. nah, ini sharingnya sangat bermanfaat sekali gan . Di update lagi yah informasinya ..semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak

    ReplyDelete
  38. bener tuh apa kata agan,,, terimakasih ya ini sangat bermanfaat sekali buat saya

    ReplyDelete
  39. kembali ke diri masing* nya lagi ,

    ReplyDelete
  40. saya setuju dengan usulannya...

    ReplyDelete
  41. ibadah nya kurang itu ,,,, sama g ada per

    ReplyDelete
  42. iya memang benar, dari kutuanya yang paling penting, kalo tidak ada yang mengkopiri insya allah juga tidak akan terjadi taurannya.

    ReplyDelete
  43. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  44. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  45. hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,

    ReplyDelete

  46. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  47. Thnks Gan Atas Infonya ,,, Teruslah Berkarya Yang Tebaik Buat Bangsa Kita ,,,, Republik Indonesia

    ReplyDelete
  48. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  49. Senang bisa mengunjungi web yang penuh dengan informasi ini ,,,, thnks gan

    ReplyDelete
  50. Thnks Gan Infonya ,,, Oh Iya Jangan Lupa Bikin Artikelnya yang pOsitif ya gan ,,, yang men insfirasi kita ,,, para pembaca

    ReplyDelete
  51. selamat Siang gan ,,,, selam sehat ,,,, Thnks Infonya,

    ReplyDelete
  52. selamat Siang gan ,,,, selam sehat ,,,, Thnks Infonya,

    ReplyDelete
  53. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete

  54. artikel yang bagus dan bermanfaat..makasih buat infonya

    ReplyDelete
  55. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  56. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    ReplyDelete
  57. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  58. senang hati bisa berkunjung ke sini,,,,, bbikin lebih pariatif lagi dong gan ,,,,,,

    ReplyDelete
  59. thnks gan infonya verry nice!!!!!

    ReplyDelete
  60. Ijin Nyimak gan ,,, kaya keren ni artikelnya

    ReplyDelete
  61. wah Ga asik ni kalau ,,,, ga baca dulu ,,,, ijin y Gan ,,,,, beuh keren ni web nya

    ReplyDelete
  62. ijin nyimak gan ,,,,,,, thnks sebelumnya....

    ReplyDelete
  63. Informasinya boleh banget nih.
    terimakasih ya atas informasinya

    ReplyDelete
  64. informasi yang sangat bagus untuk disimak..terimakasih pak.

    ReplyDelete

  65. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat banget dan berguna banget bagi saya thnks banget yah gan

    ReplyDelete
  66. luarr biasa ... wek kk pnuh dengan inpirasi bagi yamg membaca.. di tunggu kk info barunya!

    ReplyDelete
  67. makasih wawasan saya bertambah denganmembaca artikel bapa.. sukses selalu y!!!!

    ReplyDelete
  68. selamat siang pak, semoga hari ini berhasil

    ReplyDelete
  69. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses!

    ReplyDelete
  70. met kerja gan ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  71. thks Gan artikel nya ..... ajip

    ReplyDelete
  72. ,,,,, kasih imfluens yang baik buat gan gan yang lain ya

    ReplyDelete
  73. tambah sukses dan sehat selalu gan

    ReplyDelete
  74. Semoga Selalu SUkses dan bermanfaat

    ReplyDelete
  75. Pagi Gan Ikut nimbrung ya,,,,, smangat

    ReplyDelete
  76. Selamat Pagi Kawan ,,,, ijin nyimak kawan

    ReplyDelete
  77. Senang Hari ini bisa berkunjung ke web ini ,,, sukses gan

    ReplyDelete
  78. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    ReplyDelete
  79. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat.

    ReplyDelete
  80. Sangat bermanfaat, salam semangat melahirkan karya baru

    ReplyDelete
  81. Thnks Gan infonya,,, cukup menarik

    ReplyDelete
  82. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas

    ReplyDelete
  83. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Silahkan komentar