Tuesday, October 23, 2012

Tentang Walu

Dd Walu....tanggal 25 nanti usianya genap 2 tahun 6 bulan alias 2,5 tahun. Di Usianya ini kemampuan bicaranya sudah lumayan ada perkembangan yang cukup berarti. Memang dibanding anak yang seusianya, Dd walu termasuk telat bicara....Tadinya saya sudah merencanakan, kalau sampai usia 2,5 tahun Dd walu masih belum bisa bicara dengan lancar, saya akan mulai masukan dia untuk ikut terapi wicara, tapi melihat perkembangannya sekarang, sepertinya ngga perlulah.....cukup dengan diajak untuk sering berkomunikasi dan membiasakan dia untuk bermain dengan teman-temannya, saya yakin kemampuan bicara itu akan terasah dengan sendirinya...terbukti sekarang sedikit demi sedikit dd walu sudah mulai bisa diajak komunikasi 2 arah...seperti contohnya...sekarang ini dd walu lagi seneng lihat sapi dan kambing yang banyak dijual untuk qurban....waktu itu dd walu lihat sapinya e'e...sampai di rumah dd walu cerita...sapi e'e...bau...trus saya tanya kalo dd walu e'e nya bau ngga? dd walu jawab ngga hihihiihih........


Kalau saya menilik kebelakang, sepertinya kemampuan bicara dd walu agak telat karena dulu dari bayi dd walu di titip ke tetangga (karena waktu itu saya masih kerja). Nahh selama di rumah tetangga aktifitas dd walu cuma tidur dan tidur. Jadi dari jam 8 begitu saya titipin, dd walu langsung dibawa ke kamar untuk ditidurin, bangun jam 12 makan sebentar trs ditidurin lagi sampai jam 4 sore.....Selama tidur, ngga ada suara apapun....rumah dalam keadaan sunyi senyap. Begitu terus sampai usia 2,2 tahun. Seperti halnya orang yang tuna rungu...biasanya dia juga akan menjadi tuna wicara karena memang selama ini kupingnya ngga pernah mendengar sesuatu. Jadi mungkin Dd walu juga seperti itu kali yachh...karena di masa pertumbuhan dari bayi sampai usia 2 tahun jarang mendengar sesuatu (karena kebanyakan tidur) akhirnya kemampuan bicaranya jadi agak terlambat, ditambah lagi waktu itu dd walu masih ngempeng......lengkaplah sudah penderitaan, karena dia lebih asyik dengan empengnya ketimbang mulutnya berlatih bicara.


Untunglah saya sekarang sudah ngga kerja lagi, jadi dd walu bisa 24 jam di rumah dan bermain dengan ina dan teman-temannya yang super cerewet. Mudah-mudahan dd walu bisa ketularan anak-anak tetangga yang semuanya sudah lancar bicaranya. Tadinya saya sempet minder karena dd walu telat bicara, dan sejujurnya saya ngga pernah membayangkan kalau anak saya akan seperti itu, karena melihat perkembangan kk ina yang di umur 1 tahun sudah lancar bicaranya. Mungkin juga ini hukum karma untuk saya, karena dulu waktu saya hamil dd walu, saya pernah mentertawakan anak tetangga yang di umur 2,5 tahun baru bisa nyanyi pok ame-ame....sementara waktu itu umur kk ina baru 1,5 tapi sudah pintar nyanyi lagu anak-anak bahkan lagu dewasa diataranya lagu mbak surip yang terkenal itu.....Sekarang saya baru sadar, rupanya ini yang dimaksud orang tua jaman dulu kalo lagi hamil harus menjaga perkataan dan perbuatan.


Ok untuk perkembangan bicara dd walu memang agak telat, tapi untuk perkembangan fisik jangan ditanya...barusan aja dd walu ditimbang di Posyandu, BBnya mencapai 15kg.... badannya keras sekali kayak singkong banggel hihihihihi.......perutnya agak membuncit, bahkan ada tetangga yang manggil dd walu dengan sebutan walu gentong...kurang ajarrrrr....



Dan meskipun usia dd walu baru 2,5 tahun, tapi dd walu termasuk anak yang disegani dilingkungan kami ....kenapa bisa begitu? karena dd walu suka iseng...kalau ada sekumpulan anak yang lagi main, begitu dd walu datang pestanya langsung bubar...bahkan ada anak laki-laki yang termasuk anak bengal, tapi begitu melihat dd walu datang langsung lari terbirit-birit...soale dia pernah digigit sama dd walu. Kadang ada anak tetangga yang suka didorong. duhhhh untung mamanya ngga ada yang marah, mereka masih maklum dan memaafkan. Ini juga sepertinya hukum karma untuk saya, dulu waktu hamil dd walu, saya pernah membatin melihat anka tetangga yang suka gigit dan mendorong anak lain, ternyata sekarang anak saya pun seperti itu.....duuuh duhhh duuhh....


Melihat perkembangan berat badannya yang begitu pesat, saya agak khawatir juga, takutnya nanti jadi obesitas. Dd Walu minum susunya masih doyan banget, bahkan baru aja saya selesai bikin susu, baru dikasih ke dd walu begitu habis dd walu teriak lagi minta susu.....Sehari minum susunya lebih dari 15 botol. Susu 1 kardus cuma cukup untuk 2 hari. ampyyunnn....

Mudah-mudahan seiring bertambahnya usia, tabiat dd walu yang jelek-jelek bisa segera hilang, kemampuan bicaranya bisa berkembang dengan pesat, peertumbuhan badannya berkembang dengan sewajarnya....jangan sampai obesitas....soale anak kecil kalau gendut masih lucu...tapi kalo udah gede? aiihhh.....



51 comments:

  1. Hihiih..Walu Gentong..kasihan banget..
    Udah iihh..
    Seneng ya Mamanya 24 jam di rumah terus..
    Puas kan Mam nemenin anak2..!

    Pa kabarnya Mam Ina..

    ReplyDelete
  2. Mbak Niaaa.... apa kabar? kangen.. *hug*

    Dd Waluuu mamam apa itu kok belepotan cokelat? hehe...

    mbak, kalo masalah karma aku gak tau deh, klo mnrt aku lambat bicara lebih ke faktor pertama tadi, krn jarang diajak bicara ya...

    tp sbentar lg pasti keluar deh cerewetnya dd Walu... hehe... salam yaa buat kakak Ina.. :-D

    ReplyDelete
  3. hehe..anak kecil memang selalu ngegemesin...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan ketika mereka bikin ulah, selalu saja kita nda bisa marah, yang ada adalah gemes.

      Meski dd Walu telat bicara, semoga hikmahnya nanti adalah dd walu paham kapan, dimana dan untuk keperluan apa ia berbicara. Tetap semangat, Mbak Nia. Semoga Kios 108 nya makin berkembang dan berokah. Salam untuk abangku yang mirip Sandy Nayoan. Hehehehe..

      Delete
  4. wah lucunya dd Walu, udah bisa pose di depan kamera, hihihhi, narsis juga :D

    ReplyDelete
  5. dd walu lucu banget..montok ya 15 kg..nti juga lancar bicaranya, gk ush khawatir mom.....

    ReplyDelete
  6. dah lama ga liatin dd Walu,,,makin lucuuuu heheheh semoga sllu sehta ya sayang :D

    ReplyDelete
  7. dede walu lebih besar ya badannay dibanding Alvin :) tiap anak itu unik mbak

    ReplyDelete
  8. Dede Walu tetep murah senyum ya.. Gemes liatnya :)

    ReplyDelete
  9. met ultah buat si kecil ya.. hari ini kan?
    lucu banget...

    asli, Nia.. udah lama banget kita tdk saling mengunjungi yah..
    gimana kabar *cipika-cipiki*

    ReplyDelete
  10. dede nya sangat cantik dan lucu ,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  11. wah.. :D selamat ulang tahun buat walu..

    ReplyDelete
  12. waw, 15 botol sehari??? #rogoh kantong yang dalem.

    iya, dede walu badannya sekel ya.

    Abang nabil 2 tahun beratnya 12kg, Alhamdulillah masih normal.

    ReplyDelete
  13. Masing-masing anak itu punya proses perkembangan yang berbeda-beda ...

    Yang penting ... DD Walu dan juga KK Ina ... sehat-sehat selalu

    Salam saya Mama Ina

    ReplyDelete
  14. dd walu ngegemesin... se,oga dd walu nantinya bisa menjadi anak yang berbakti sama orang tua ya... dan semoga bisa menjadi anak pinter dan shaleh..

    ReplyDelete
  15. dede walu lucu banget ,,cabi banget sihh .gemes jadinya
    hehe
    blogwalking ya mba

    ReplyDelete
  16. lucunya ,,
    sampe blepottan gitu ya makan cokelatnya .hehe

    ReplyDelete
  17. memang gak tersa kalau ngikutin perkembangan anak.......

    ReplyDelete
  18. Percaya nggak percaya kali ya Mbak, saya waktu hamil Nadya juga pernah ngebatin karena anak tetangga ada yang cengeng banget, eh, sekarang Nadya cengeng juga. Untung nggak lama, sih :)

    ReplyDelete
  19. kalo baca kata "sapi 'e'e....bau.."inget keponakan aku yang suka bilang" 'e'e itut au ih"lucu yah mbak kalo anak kecil lagi belajar bicara...ngegemesin..

    ReplyDelete
  20. imut nyaaa,,,,,wah,,kecil kecil udah usil ya ,,,,

    ReplyDelete
  21. Artrikel yang menarik...!
    salam kenal dan semoga sukses :)
    Lucu banget.

    ReplyDelete
  22. kebalikan dari Kanaya, pinter ngomong tapi berat badannya kurang, masing2 anak punya kelebihan dan kekurangan ya mbak... iih montoknya dd walu gemes jadinya.....

    ReplyDelete
  23. dede walu udah gede ya... moga nanti kelak kalo dah dewasa dede walu bisa menjadi anak yang baik dan sukses.. biar bisa membahagiakan mamanya.. amiin

    ReplyDelete
  24. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    ReplyDelete
  25. Aduuhhh lucu kali itu yang belepotan coklat, wkwkwkwkwk....
    Memang kalau sudah kuat makan, susah suruh mengurangi... Tapi kalau aktivitasnya banyak katanya anak bisa kurus sih...

    ReplyDelete
  26. Foto yang sedang belepotan,, hihihi lucu pisan mah

    ReplyDelete
  27. salam kenal aja gan info nya sangat bagus dann sangat menarik nie gan ,,,,,,,,

    ReplyDelete
  28. wahahaha pipinya tembeb banget. gregetan aku liat nya :D

    ReplyDelete
  29. iya bener,,kalau lagi hamil memang harus menjaga kata-kata.....:)

    ReplyDelete

Silahkan komentar