Thursday, December 11, 2008

Imunisasi Campak

Akhirnya setelah tertunda selama 2 bulan, selasa kemarin Ina di imunisasi campak, seharusnya imunisasi campak diberikan kepada bayi berumur 9 bulan, tapi saat ina mau imunisasi campak, dokternya gak kasih dengan alasan BB anak yang mau di imunisasi campak harus 7,5kg. Saat itu BB ina cuma 7,2kg. Dokter yang aneh…..

Aku tanya sama temen2 yang punya anak Balita, kebanyakan anak2 mereka sudah di imunisasi campak saat anaknya umur 9 bulan, gak peduli BBnya berapa, yang penting anaknya sehat, gizinya baik, karena BB gak bisa dijadikan patokan…karena BB tiap bayi beda-beda tergantung BB lahirnya, menurut rumus, BB bayi yang normal saat usia 1 tahun BBnya harus 3xBB lahir, nahh ina kan lahirnya 2,5kg jadi saat umur 9 bulan BBnya 7,2kg ya termasuk normal donk….Temanku bilang mungkin RS nya mo cari uang, krna dengan tertundanya imunisasi tsb, mau ngga mau tiap bulan aku harus balik lagi ke RS itu….

Aku juga dengar dari temen-teman ada yang bilang sehabis imunisasi campak akan menimbulkan reaksi demam dan akan menimbulkan bintik-bintik, makanya bayi harus benar2 dalam kondisi fit untuk menghindari reaksi tsb. Itulah sebabnya kenapa Ina baru di imunisasi setelah usianya 11 bulan, karena setiap kali aku mo bawa ke RS, Ina tidak dalam kondisi fit.

Ada juga temenku yang bayinya udah di imunisasi campak umur 8 bulan, saat usia 11 bulan kena campak….ternyata kata dokternya meskipun sudah di imunisasi campak, tidak menjamin anak kebal dari campak, karena dalam seumur hidupnya anak pasti akan kena campak 1 kali. Informasi lengkap tentang campak bisa dibaca disini

Syukurlah akhirnya sekarang ina dah di imunisasi campak, Ina di imunisasi di RS lain, Alhamdulillah sampai hari ini badannya tidak demam, mudah2an demikian seterusnya….

8 comments:

  1. duh.. tu dokter emang aneh deh.. dulu shasa imunisasi gak pake acara liat berat badan dulu deh... ya tinggal di imunisasi aja krn emang udh waktunya.. perasaan de' Ina gendut kan..? kok bisa sih di bilang kurang BB nya..?

    ReplyDelete
  2. @ mama Shasa : iya aneh banget dkternya, makanya aku sempet marah2 sm dkternya, aku bilang anak tmnku udah di imunisasi waktu umur 8 bulan dan BB nya cuma beda 1 ons sm ina...eh dkternya malah bilang begini : "ibu...ini anak ibu, jgn disamain ama anak orng, klo cuma suntik doank sebentar, tapi anak ibu blm waktunya" gubrak....udah dech mulai saat itu aku gak mau datang ke RS itu lagi....capek dechhh...

    ReplyDelete
  3. yang sabar yach mbakkkkkuwh,.... semoga nantinya putrinya yang lutcu ini jadi anak yang menyenangkan..... Amien

    ReplyDelete
  4. @ Andrie : mksh mbak Andrie, ina emang lucu, byk yg gemes krna cerewet, klo lg ngoceh2 kedengaran tetangga yg jaraknya sampe 2 rumah ke kiri,2 rumah ke kanan hehehehe....

    ReplyDelete
  5. saya malah baru tau kl mau imunisasi campak hrs liat BB dulu. Anak2 sy sesuai jadwal semua, kl pun ditunda ya karena sakit..

    Katanya sie gitu, biarpun udah di imunisasi campak bs tetep kena campak. Tp kt DSA sy kalo pun sp kena gak akan separah kalo anak kita belom di imunisasi campak..

    ReplyDelete
  6. wah kalo untuk yng satu ini aku gag ngerti nihmba....tapi kalo mba nia...pasti tau dong...yah....., jadi kalo mau imunisasi harus cek BB yah...BB ntuh bukannya (Bau Badan yah,......)

    kabuuuuurrrrrrrrr..........

    ReplyDelete
  7. Aneh jg yah, masa mau imun pake lihat BB bayi, klo pengalamanku sih selama anaknya sehat-2 aja dan ga sakit pas waktunya imunisasi ya gpp kali ya (^.^), Lagian Ina jg keliatan lincah bgt, walau gak gendut tapi sekel kan say?

    ReplyDelete
  8. aku belum ngerti soal imunisasi campak ... Alhamdulilah kalau badan Ina nggak masalah usai imunisasi campak n moga sehat selalu ya ^_^

    ReplyDelete

Silahkan komentar