Thursday, November 8, 2007

MINGGU KE-30

Perkembangan Janin di usia kehamilan minggu ke-30 yang saya dapat dari Infobunda

Hai Nia,

Minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil bunda. Mungkin bunda akan merasa bagaikan penyelenggara pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak.

Pada dasarnya gerakan si kecil yang berupa tendangan ini mulai bisa dirasakan pada trimester kedua, tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif , bunda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian.

Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi bunda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter bunda.

Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Apabila bunda mencoba untuk menyenteri perut bunda dan menggerak-gerakan senter tersebut maka mata bayi bunda sudah bisa mengikuti ke arah mana senter tersebut bersinar.

Seiring dengan semakin besarnya si kecil maka semakin berkuranglah cairan ketuban (amniotic fluid) di rahim bunda. Kini si kecil pun sudah mulai memproduksi air mata. Usahakan untuk selalu tetap berbagi dengan bayi bunda baik cerita atau musik.

Berat badan bayi bunda 1510-1550 gram, dengan tinggi 39-40 cm.

Semoga anda memdapatkan pelayanan yang bermanfaat dan akan merekomendasikan website ini ke teman-teman anda!

Salam,

www.infobunda.com

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar