Wednesday, December 26, 2007

Minggu ke-37

Perkembangan janin diusia kehamilan minggu ke-37 yang saya dapat dari Infobunda

Hai nia,

Dimulai dengan minggu ke 37 kehamilan adalah saat yang mendebarkan bagi bunda karena ada kemungkinan tiba-tiba bayi sudah siap lahir. Masih teringat dengan kontraksi Braxton Hicks?

Bunda akan merasakan kontraksi ini lebih sering dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya, terutama di minggu-minggu akhir ini. Bunda harus semakin memperhatikan kontraksi yang bunda alami apakah kontraksi yang bunda alami merupakan Braxton Hicks atau memang kontraksi akan melahirkan, maka hal-hal yang akan membedakan pada kontraksi akan melahirkan adalah antara kontraksi yang satu dengan yang lain berdekatan, kontraksinya semakin menguat dengan jangka waktu kontraksinya lebih lama, akan sangat terasa saat bunda berjalan.

Bunda akan merasakan kalo bayi bunda posisinya telah turun. Selain itu bunda harus semakin memperhatikan apabila terjadinya vlek dengan sedikit darah maka langsung hubungi dokter bunda.

Beberapa minggu yang lalu bayi bisa bereaksi terhadap lampu senter yang bunda pusatkan di perut bunda sedangkan pada minggu ini bayi bunda sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim.

Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, maka bundalah yang harus mengajari bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu istirahat atau gelap, waktu dimana bunda mengajari bayi untuk beristirahat. Selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air.

Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm

1 comment:

Silahkan komentar