Friday, July 12, 2013

Ina sekolah SD

Terhitung tanggal 12 Juli 2013....Kk Ina resmi menjadi murid SD Taman Harapan......Huhhh....setelah perjuangan panjang....2 kali ditolak...cari sekolah lain kesana kemari....pada akhirnya Ina diterima juga di sekolah Taman Harapan ini. Bapak Kepala Sekolah menolak Ina dengan alasan ina masih terlalu kecil...baik umur maupun fisiknya....tapi setelah di test akhirnya Bapak Kepala Sekolah ngomong begini : "oooh iya yachh....bacanya udah lancar....berhitungnya juga udah pintar"....aiiih si Bapak....Gw kate juga ape.......

Hari ini Ina udah mulai masuk sekolah untuk pembagian kelas. Bapak Kepala Sekolah mengumumkan bahwa murid yang daftar di SD ini tercatat 180 anak, tapi hanya 120 anak aja yang akan diterima....itu artinya akan ada 60 anak yang ditolak......Mendengar berita itu, ibu-ibu mulai bisik-bisik....ada yang ngedumel...masalahnya kalo baru sekarang ketahuan anaknya ditolak, trus mau daftar dimana lagi, sementara sekolah swasta lain juga udah pada tutup pendaftarannya. Saya juga ikutan cemas, takut kalau ina termasuk kedalam daftar murid yang ditolak....mengingat Ina dari awal udah ditolak 2 kali.....


Tepat jam 8.00 Bapak Kepala Sekolah mengumumkan nama murid yang masuk dalam daftar kelas 1A....Syukur Alhamdulillah ternyata Ina masuk kelas A. Kelas A ini termasuk kelas favorit karena didalamnya berisi murid yang sudah lancar membaca, Kelas B berisi murid yang sudah bisa membaca tapi masih di eja atau belum lancar. Kelas C untuk murid yang belum bisa baca dan tidak sekolah TK.


Untunglah saya tidak peduli dengan omongan orang-orang termasuk kepala sekolah TKnya yang tidak menganjurkan Ina untuk sekolah SD dulu karena belum cukup umur, karena kenyataannya tadi setelah saya ngobrol sama ibu-ibu yang ngantar anaknya....banyak juga koq yang umurnya baru 5,5 tahun.....Banyak yang bilang kalo anak terlalu cepat dimasukan ke SD, dikhawatirkan di kelas 4 mereka akan merasa jenuh karena masa bermainnya berkurang. Kalau menurut saya pribadi, teori itu ngga berlaku per individu alias tergantung anaknya. Karena sebelum saya memasukan Ina ke SD, saya udah survey beberapa teman yang anaknya sekolah SD umur 5 tahunan....ngga masalah koq...mereka bisa belajar seperti biasa, bahkan banyak juga yang mendapat rangking baik di SD maupun di sekolah lanjutan.....Toh mereka hanya menghabiskan waktunya 2 jam di sekolah...sisa waktu yang lain bisa digunakan untuk bermain.

Kenapa saya ngotot masukin Ina ke SD di umur 5 tahunan...karena saya melihat ina punya kemampuan lebih, dari kecil ina sudah terlihat cepat menangkap apa yang kita ajarkan, daya ingatnya juga bagus, ternyata setelah di tes IQ, hasilnya cukup memuaskan....124 (superior)....cuma sayang....Ina orangnya kurang PD, kurang berani tampil ke depan, kalau di kelas suaranya kecil, ini yang jadi PR saya ke depan untuk mengubah Ina menjadi anak yang PD.

Tadi, Dd walu ikutan sibuk melihat kakaknya mau sekolah....nangis minta pake baju SD juga....akhirnya saya pakein baju putih putih...sampai di sekolah, banyak ibu-ibu yang bilang....iiihh kecil kecil udah SD....banyak juga yang gemes sama pipinya dd walu....banyak ibu-ibu yang ketawa liat tingkah laku dd walu...soale dd walu badannya aja yang besar, tapi mukanya masih imut-imut hihihihih......


47 comments:

  1. ina kereeen,
    biar aja badan kecil,
    yang penting otak encer..!
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oom....makasih yach udah datang ke blog ini...padahal mama ngga pernah bw ke tempat oom....maafin yachh oom.....(itu kata kk ina hehhehe....)

      Delete
  2. Kalau semua berpedoman masuk SD harus berumur di atas 6 tahun bakalan nggak terdeteksi anak2 yang punya kelebihan.
    Dibutuhkan kebijakan pihak sekolah untuk tidak mendasarkan segala hal hanya pada teori belaka. Harus mempertimbangkan hal2 yang sifatnya kasuistik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh itu yang saya maksud Pak Guru....kalo pihak sekolah terlalu kaku pada peraturan...kasihan anak2 yang punya kemampuan lebih....ngga bisa mengekpresikan kemampuannya....ntar jadi kayak pohon bonsai....ngga bisa tinggi hihihiih....anak kalo cerdas tapi ditahan2 malah ngga bisa berkembang nantinya.....

      Delete
  3. saya juga masuk SD umur 5 tahun lebih bisa mengimbangi mereka yang masuk umur 7 taun.. dan itu gak menghambat buat dapat nilai yang bagus...

    Selamat ya buat kk Ina yang udah masuk SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sssiiippp....berarti Tante Riri termasuk kelompok anak-anak yang udah saya survey yachh....berhasil meskipun usia belum mencukupi....Tante Riri huebatt.....

      Delete
  4. Allhamdulillah Ina diterima ya mbak, semangat sekolahnya ya Ina. Dede Walu sama dengan Alvin udah gak sabar mau sekolah ya. Alvin hari senn mulai sekolah mbak masuk playgroup di tempat Pascal dulul

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...dd walu tuch apa-apa pengen seperti kakaknya.....makanya kalo beli apapun harus dua ....kalo ngga...bisa terjadi keributan dirumah hehehhe....

      Dd walu hari senin juga masuk PAUD Ittihadul Muslimat tempat TK kk ina....cuma masuknya sore....soale yang pagi kelasnya udah penuh sama anak-anak TK....

      Delete
  5. terkadang memaksakan anak untuk sekolah walau belum cukup umur itu juga tidak baik lho,... karena anak mmpunya fase2 sendiri yang harus dilewati... jangan sampai anak2 kehilangan masa2 bermainnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga memaksakan anak koq oom....anaknya sendiri yang mau masuk SD...soale dia udah sekolah PAUD 2 tahun.....TK 1 tahun....kayaknya udah bosan dia....makanya minta masuk SD seperti teman-teman ngajinya....

      Delete
  6. Selamat Sekolah Ina ...

    Mengenai sekolah umurnya masih terlalu muda ... dikhawatirkan bosan ? rasanya kok tidak beralasan ... karena saat SD pun masih bisa bermain bukan ...

    Yang biasanya dikhawatirkan mungkin perkembangan syaraf motorik besar dan motorik kecil serta kemampuan untuk fokus yang kadang belum siap untuk masuk SD. Tapi saya rasa, membaca cerita-cerita Mama Ina di Blog ini ... untuk hal yang satu ini Ina sudah siap untuk sekolah ... !

    Go Ina Go
    Yang PD ya Nak ...

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oom....ina sendiri yang minta masuk SD....malah dia bilang begini : "maa...mitha sama nila (tetangga depan rumah) kasihan yachh....udah 6 tahun baru masuk TK....kk ina 5 tahun masuk SD....berarti kk ina hebat yachh....."

      di lingkungan rumah kami...emang masih banyak anak-anak yang seumuran Ina, baru disekolahkan orang tuanya di TK....jadi kalo lagi main....kelihatan ina yang paling menonjol diantara teman-temannya krna dia sudah lancar membaca dan pintar mengaji (udah iqro 3)....

      Delete
  7. Selamat masuk SD Kak Ina..
    Kalau di Surabaya masuk sekolahnya masih tanggal 15 Juli.
    Wah untung Kakak Ina bisa masuk, ya. Soalnya disini kalau sekolah SD Negeri usianya harus 7 atau 6 lebih.
    Ponakan saya aja yang usianya 6,4 beruntung bisa diterima, setelah sebelumnya dianggap masuk cadangan.

    ReplyDelete
  8. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    ReplyDelete
  9. Selamat ya Ina udah masuk SD... ^^
    Keren IQ nya tinggi, gak kayak IQ ku fufufu...

    ReplyDelete
  10. lucunya pake baju SD.... moga jadi anak yg pintar.

    ReplyDelete
  11. sedikit sumbang pengetahuan mdh2an bermanfaat dan ngga menyinggung :) kalo dari seorang lulusan psikologi bilang, sbnrnya bukan kepintarannya mba yg dikhawatirkan, tapi segi emosi dan psikologi si anak yg di khawatirkan belum siap dan "ngga nyambung" sama tmn2 seangkatannya nanti. Memang itu semua kembali pada si anak.. terus terang aku termasuk senasib sama kk ina krn dulu aku masuk SD umur 4,5 tahun dimana temen2ku rata2 1 tahun lebih tua, terus terang untuk mengikuti pelajaran sama sekali ngga ada masalah, tapi memang untuk pergaulan yang lebih terasa agak beda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk pergaulan...untungnya ina termasuk anak yg cepet beradaptasi dgn lingkungan sekitarnya...dan untungnya lagi...selama ini teman teman pengajiannya rata rata berumur jauh diatas ina....jadi waktu di pengajian ina masuk kelas yang teman-temannya rata rata udah SD....semntara waktu itu ina masih PAUD....dan Alhamdulillah ina bisa mengikuti arus pergaulan di kelas tsb maupun bisa menyerap ilmu selama di kelas.

      Delete
  12. hebat Ina. Tp sy gregetan sm kepseknya :D

    ReplyDelete
  13. Wah, keren nih si permata hatinya Mbak Nia, belum sekolah udah pinter baca dan berhitung. Salut sama emaknya, hehe...

    ReplyDelete
  14. wah heubat Ina sudah SD ya, kecil2 pintar banget ya Ina.

    ReplyDelete
  15. mudah2an Raffi anak bunda gitu juga ya...? taun ini masuk tk b, dan selesai tk b umurnya belum genap 6th... pasti mengalami hal yg sama spt ina...

    ReplyDelete
  16. wah, ina dah masuk SD? imuut dewh...semoga enjoy di sekolah ya...

    ReplyDelete
  17. Terimakasih banyak gan buat infonya.

    ReplyDelete
  18. Disini 4 thn paud, 5 thn masuk TK A, 6thn TK B, 7 thn SD mbak.
    Hebat ya kakak ina udah SD aja nich. Semangat ya. . .

    ReplyDelete
  19. Disini 4 thn paud, 5 thn masuk TK A, 6thn TK B, 7 thn SD mbak.
    Hebat ya kakak ina udah SD aja nich. Semangat ya. . .

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Oh ternyata begitu ya mas. Saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
  22. proses yang baik dibarengi dengan pengorbana yang ikhlas namun terarah/tertata akan menghasilkan hasil yang baik

    ReplyDelete
  23. Makasih buat infonya mas, semoga bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. wah lucu sekali mba anaknya...
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  25. kebalikan ama ina, umar malahan belum masuk sd mbak...
    belum diterima masuk sd negeri, jadilah setaun ini umar tpa dan les aja.
    salam mbak nia, apa kabar mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh sayang yachhh mbak....kenapa ngga dimasukin SD swasta aja dulu....nanti kelas 2 atau kelas 3 baru dimasukin ke SD negeri.....

      Delete
  26. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin apa bila saya sering berkomentar nyepam. Tidak ada maksud untuk melecehkan tetapi semua itu hanya tuntutan pekerjaan.

    ReplyDelete
  27. Oh jadi begitu mas, saya baru tahu nih.

    ReplyDelete

Silahkan komentar