Tuesday, April 12, 2011

Tips untuk Ibu Hamil

Malanjutkan postingan saya terdahulu yg berjudul : Ibu Hamil, berhati-hatilah. Alhamdulillah pada akhirnya teman saya itu bisa melahirkan secara normal di hari ketiga. Untunglah pada akhirnya Dokternya datang, karena sebelumnya Bidan Magang yang menangani teman saya itu. Tahu ngga? ternyata pas Dokternya datang teman saya udah bukaan lengkap dan siap untuk melahirkan. Sedangkan si bidan magang itu bilangnya belum ada bukaan. Ya Allah saya ngga bisa membayangkan gimana seandainya hari itu Dokternya ngga datang? Syukurlah pertolongan Allah datang tepat pada waktunya.

Si Ibu Alhamdulillah sehat wal Afiat dan sudah bisa pulang ke-esokan harinya. Tapi tidak dengan bayinya. Bayinya ngga boleh pulang dan harus dirawat di ruang ICU karena di alat kelaminnya ada cairan (hernia) dan Jantung dan paru2nya sudah kerendam air yang mengakibatkan perut si Bayi membuncit. Astagfirullah'al adzim. Waktu saya dan tetangga menengok ke rumahnya, teman saya dan ibunya tak henti2nya menangis. Saya juga ikut menangis. Gak tega rasanya membayangkan anaknya yang masih Bayi harus di infus di mulut dan tangannya, karena bayinya belum boleh minum susu. Ya Allah.....smoga bayinya segera diberikan kesembuhan, sehingga bisa berkumpul dengan keluarganya. amin.

Menurut teman saya, Dokter bilang penyebab anaknya demikian bukan karena dia jatuh dari motor. Penyebabnya karena virus, bisa dari makanan atau minuman. Akhirnya teman saya juga mengaku kalau selama hamil dia tidak pernah minum obat yang dikasih Dokter, dia malah minum C*R. Trus selama kehamilan 3 bulan pertama, waktu itu dia sedang minum obat diet yang dari china. Setelah 3 bulan ngga mens dia periksa ke Dokter, baru ketahuan kalo dia sudah hamil 3 bulan. Barulah pada saat itu dia menghentikan minum obat chinanya.

Hmm dari pengalaman teman saya itu, mudah2an bisa diambil hikmahnya. Mungkin seandainya dia mau minum obatnya sampai habis, masih ada kemungkinan si bayi kebal dari virus itu.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan tergantung dari apa yang ibu makan selama kehamilan. Kita sering dengar di Berita banyak bayi yang terlahir cacat karena orangtuanya tidak mempunyai uang untuk membeli makanan yang sehat dan susu selama kehamilan. Juga mereka tidak punya cukup uang untuk memeriksakan kandungannya ke Dokter. Untuk itu bersyukurlah karena kita jauh lebih baik dari mereka. Jangan sampai karena ibunya "malas" untuk minum obat, akhirnya anaknya yang harus menderita seumur hidup. kita juga harus bersyukur karena Allah memberi amanah seorang anak ada didalam kandungan kita, sementara masih banyak perempuan disana yang belum diberi kepercayaan itu. Kalau kita sudah berusaha untuk menjaga kandungan ini dengan sebaik2nya, memberi makanan yg bergizi dan rutin memeriksakan kandungan ke Dokter, tapi bayi yang dikandung mengalami kecacatan, mungkin itu yang namanya takdir. Ingatlah bahwa penyesalan datangnya selalu belakangan.

Untuk itu saya ingin memberi tip-tips untuk ibu yang sedang hamil :

1. Periksakan kandungan sedini mungkin, begitu tau ngga dapat mens langsung periksa ke Dokter, karena pada saat itu kandungan sudah menginjak usia 1 bulan.

2. Biasanya Dokter akan memberi obat penguat kandungan sampai usia kandungan 3 bulan.

3. Selalu minum sampai habis obat yang diberikan oleh Dokter. Karena obat-obat itu mengandung vitamin, kalsium, zat besi, asam folat untuk pertumbuhan si jabang bayi.

4. Selama hamil jangan makan sembarangan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari internet makanan sehat untuk ibu hamil.

5. Jangan makan sayuran mentah dan ikan mentah. Karena makanan yang masih mentah mengandung Toksoplasmosis.

6. Jangan makan makanan yang dibakar, seperti ayam bakar, ikan bakar dan sejenisnya.

7. Minum susu Ibu Hamil

8. Rutin memeriksakan kandungan ke Dokter/Bidan.

9. Kalau memungkinkan kandungan di USG setiap bulan, supaya tahu perkembangan bayinya dan seandainya terjadi apa-apa bisa terdeteksi sedini mungkin.

10. Jangan beraktifitas terlalu berat, Jangan terlalu capek dan diusahakan pikiran harus fresh (jangan stress) karena ini akan mempengaruhi kondisi bayinya.

11. Ikut bergabung di komunitas ibu seperti Info Bunda, Ibu dan Anak, The Urban Mama dll untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan dan seluk beluknya.

Demikian.....Semoga postingan ini bermanfaat.

Update :
Baca juga "9 Makanan yang Pantang Dimakan Ibu Hamil"

32 comments:

  1. alhamdulillah akhirnya lahir juga ya mam .. tapi kasian dd bayi nya yaa .. moga cepet sembuh ya de .. makasih buat info nya mam .. :)

    ReplyDelete
  2. alhamdulilaah bayinya lahir dgn slmt, walopun skrg msh blm bs dbw pulang, semoga dedekny bs cpt dbw pulang y' *bantudoa*
    oiy, tipsny bmanfaat mb...insya allah, nanti aku nikah dan hamil, kunjungan k blog ni lg ah..hehehe

    ReplyDelete
  3. Nia,..

    Temenmu itu melahirkan di mana sih? kok aku baca nya sedih bgt...miris liat tenaga kesehatannya pada kaya gitu. Masa bidang magang ga ditemenin sama bidan senior nya sih?

    Nyawa manusia tuh...

    Alhamdulillah bayinya sehat ya...mudah2an cepet pulang ke rumah

    *lagi hamil jadi ikutan was2 juga :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, semoga nantinya bayi dan ibu sehat ya Mbak.. kasian ibunya klo si bayi ada apa-apa

    ReplyDelete
  5. @ Yuli Mulya : iya mom...kasihan lihat dedenya BBnya cuma 1,9kg...ngga boleh minum ASI dulu.....smoga cepet sehat....amiin

    @ Rezkaocta : makasih Mbak atas doanya, smoga di ijabah....iya nanti kalo hamil jangan lupa tips2nya yachh....supaya dedenya sehat....

    ReplyDelete
  6. @ Keluarga Fauzi : Mbak Selly kemana aja sech, menghilang tanpa kabar....Alhamdulillah sebentar lagi Fadly punya dede...syik asyik.....

    Yng penting mah asupan makanannya dijaga mbak, sama obat2annya diminum...Insya Allah nanti dedenya baik2 aja.....salam utk si ganteng Fadly.....

    ReplyDelete
  7. aku cuma diem aja deh Mbak Nia hahaha

    ReplyDelete
  8. Alhamdullilah...syukurlah semua bisa berjalan dengan lancar meskipun ia sudah menunggu selama 3 hari.

    Tips yang bermanfaat...maklum lagi program anak ke 2.

    ReplyDelete
  9. aku sih nurut apa kata dokter mbak.tapi cuma satu yang gak aku turuti, vitamin2 dari dokter ga aku minum. aku berpendapat eh ga deh setelah baca2 beberapa artikel dan buku.
    Vitamin bisa didapatkan dari makanan. Jadi saya atur pola makan saja.

    Pengalaman dari hamil Pascal aja, banyak minum vitamin2 plus Kalsium eh nyatanya bayinya malah agak kurang kalsiumnya,padahal aku minum susu rutin sehari 3 kali.

    setelah baca buku ternyata kalau minum kalsium berlebihan penyerapannya akan lebih cepat keluar, beda dengan kalsium yang didapat secara alami dari makanan.

    Maaf loh ini sih sekedar sharing pengalaman saja:)

    eh nambah lagi, kenapa BB 1,9 gak boleh minum ASI ya mbak? bukannya bisa diperah

    ReplyDelete
  10. @ Lozz Akbar : diam dan menyimak dgn seksama yach heheh.....

    @ Ibu Dini : wah lagi program lagi nech....mudah2an ctp berhasil yach mom...biar Dini ada temannya...

    ReplyDelete
  11. @ Lidya : Gpp mom, aku malah senang kalo ada yang sharing seperti ini...cuma kalo aku pribadi, berhubung kerja..agak susah untuk mendapatkan makanan sehat.....ditempat kerjaku dulu cuma ada tukang ketoprak, soto, sama warteg......sementara klo mo masak sendiri waktunya mepet...makanya aku mengandalkan obat2an dr Dokter itu.

    Kalo aku dulu minum susunya cuma sehari sekali Mbak....tau Pascal kurang kalsium drmana? aku ngga tau dech duo ina kurang kalsium apa ngga...cuma yg pasti pertumbuhan tulang sm giginya normal......

    Aku ngga tau kenapa anak temenku ngga boleh minum ASI...belum dapat infonya heheh.....jadi sementara ini dapat asupan makanannya dari infus

    ReplyDelete
  12. ya masing2 tubuh beda mungkin ya mbak. Allhamdulillah Alvin sehat-sehat aja malah aku malas minum susu :)

    waktu Pascal lahir kan dinyatakan kurang kalsium, dan diberikan kalsium trus pertumbuhan giginya juga telat. Tapi jadi ada bagusnya sampai saat ini smua giginya masih bagus.

    Semoga anak temennya sehat selalu ya mbak

    ReplyDelete
  13. @ Lidya : iya mbak....enaknya numbuh gigi belakangan, anak2 lain giginya udah keropos...Pascal masih utuh heheh.....

    amin, iya kasihan juga kalo terlalu lama di RS...pasti biayanya membengkak.....

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya Say, akhirnya sang dokter datang tepat pada waktunya dan mereka berdua selamat.

    Semoga si bayi cepat sehat dan dapat segera berkumpul dengan ibunya. Amiinn...

    ReplyDelete
  15. Thanks for sharing mbak nia,
    kasihan bayinya, saya yang membayangkannya nggak tega mbak, bayi baru lahir harus dirawat,dengan berbagai diagnosa...
    Ya allah semoga bayinya kuat dan keluarga juga kuat, semoga diberikan keputusan yang terbaik.
    Yah sayapun mengalaminya IBu hamil emang harus banyak banyak cari informasi,tentang asupan gizi dan lain lain...alhamdulilah kita diberi keluasan ilmu untuk bisa browsing sebanyak banyaknya terutama melalui internet bisa sharing banyak hal...
    waduh komenntya jadi panjang...maaf mbak nia...

    ReplyDelete
  16. @ Dewi Mulya : iya say...denger ceritanya aja aku mules....untunglah dokternya datang...

    @ Mama kinan : gpp mom komennya panjang2...aku malah senang loch...oh ya anaknya temenku ini sebenarnya udah di vonis sm dokter umurnya gak akan bertahan lama....makanya lahirnya dipercepat (7 bulan), kalo kelamaan takut berdampak ke ibunya.....iya mudah2an Allah memberikan jalan yg terbaik. amiin

    ReplyDelete
  17. info yang bermanfaat kebetulan istri saya sedang hamil...hehehehe

    ReplyDelete
  18. MAkaish sharingnya mbak, akan aku lakukan dan ingat terus kalau aku hamil lagi. Ups.... maksudku istruku :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  19. Kalo aku hamil lagi..aku akan ikutin tips2 yang berguna ini..thanks yah Nia

    ReplyDelete
  20. kenapa gk boleh makan makanan yang dibakar bund??

    ReplyDelete
  21. Tips bangus bgt mom, duh duh.. temen sekantorku malahan baru hamil 6 bulan anaknya mesti dikeluarin krn tekanan darahnya meninggi dan kejang2 padahal selama ini gak pernah tekanan darahnya tinggi, dan babynya akhirnya gak survive..(*masi sedih liat wajah baby yg cantik,lucu dan kecil mungil)

    ReplyDelete
  22. Semoga ini bermanfaat:
    9 Makanan yang Pantang Dimakan Ibu Hamil

    http://id.berita.yahoo.com/9-makanan-yang-pantang-dimakan-ibu-hamil-20110410-183400-944.html

    ReplyDelete
  23. Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    ReplyDelete
  24. @ Arif Bayu Saputra : iya mas....kasih tau istrinya jaga kandungannya baik2 yachh...smoga anaknya sehat dan cerdas...amiin

    @ Sudai Adjlani : iya mas...utk ibu2 hamil heheh....

    @ Sugeng : iya mas sugeng....mudah2an istrinya cpt hamil lagi...amin

    ReplyDelete
  25. @ Bintang : iya mom....sama2, smoga bermanfaat....moga2 Farrel cepet dpt adik heheh...

    @ IbuDzakyFai : ya ampun mom....padahal klo sebulan lg bayinya msh bisa diselamatkan yachh...kalo 6 bulan blm waktunya.....moga2 temennya diberi ketabahan yachh....

    Kalo tetanggaku yg biasa momong anakku, mantunya bsk mau dikuret krna bayinya udah beberapa minggu gak berkembang...krna dulunya bgitu merid dia langsung KB.....ahhh ngeri yachh......katanya di kuret itu sakiiit.....

    ReplyDelete
  26. @ Bagaimanapun : maasih mas utk infonya...ini sgt bermanfaat sekali...

    @ Sedjatee : siiip mas, ditunggu traktirannya...ojo lali yooo...

    ReplyDelete
  27. tips yang ok mba nia..
    besok kalo aku hamil lagi, kudu bener-bener hati-hati

    ReplyDelete
  28. tipsnya sgt bermanfaat utk istri saya..
    mksh ya...
    :)
    salam

    ReplyDelete
  29. jadi inget anak temen yang meninggal karena ibunya minum obat batuk cair :(

    ReplyDelete
  30. Halo bunda smua sya maw share ni....
    Sya pindah dokter n dokter yg baru ni gak ngasi obat penguat kandungan padahal kandungan sya baru 2 bulan... Penting gak obat itu... Mohon saranya ya....trims

    ReplyDelete
  31. terima kasih mbak, buat tips makanan hamil nya

    ReplyDelete

Silahkan komentar