Friday, January 7, 2011

Tips Menjalankan Toko Online (2)

Tips Menjalankan Toko Online yang pernah saya posting tahun lalu, sampai saat ini masih ada yang mengomentari. Trus iseng-iseng saya search di google, ternyata judul postingan saya kalau di search di Google ada di halaman pertama. Wahh hebat yachh hihihi.....Ge-Er amat. Senang aja sech kalo postingan yang kita buat bermanfaat untuk orang lain.

Sekarang Kios108 sudah berjalan 2 tahun, Seiring berjalannya waktu, makin banyak tips yang saya dapat. Untuk itu saya ingin membagi lagi Tips lanjutannya :

1. Harus punya rekening di bank minimal 4 rekening. Yang utama adalah Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI dan Bank BRI. Kenapa harus 4 rekening? karena waktu bulan puasa yang lalu saya kehilangan 4 order gara-gara ngga punya rekening di BNI. Jadi ceritanya Customer saya tinggal didaerah yang jauh dari kota. Nah dia punyanya rekening BNI. Kalo transfer ke Bank lain kan harus ke ATM sementara kalo sama-sama BNI bisa langsung dari Internet Banking. Akhirnya dia ngga jadi order dechh.

2. Cepat merespon order yang datang. Customer akan senang sekali kalau sms yang dia dikirim kita balas dengan cepat. Kalau sedang di jalan, biasanya saya akan bilang "nanti saya hubungi lagi ya...saya sedang di jalan".

3. Kasih Diskon. Ini penting banget loch...biasanya Customer yang saya kasih diskon suka order lagi. Diskon bisa berupa pengurangan harga atau free ongkos kirim.

4. Sepertinya harus punya no. hape dari berbagai provider. Karena kalo saya perhatikan, hampir semua order-an yang saya dapat menggunakan no. simpati. Yahh karena saya cuma punya no. simpati. Ini hal kecil tapi cukup berpengaruh juga lochh...karena kita bisa kehilangan order dari pelanggan Mentari, Pro XL, dan yang lainnya.

5. Sering Update stock. Sama halnya kayak ngeblog, kalo kita jarang posting lama2 akan berkurang orang yang berkunjung ke blog kita. Nahh punya Toko online juga seperti itu. Karena banyak juga Customer saya yang sering sms : "Mbak ada stok baru ngga??"

6. Pasang iklan gratisnya di Toko Bagus. Karena "Toko Bagus" sering pasang iklan di Facebook, Detik com dllnya. Jadi kita cukup pasang iklan di Toko Bagus, biar Toko Bagus yang mencari pelanggan untuk kita heheh....

Supaya lengkap saya posting lagi Tips Menjalankan Toko Online yang sebelumnya. Saya ambil dari blognya Mas Andri :

1. Blogwalking ke blog2/toko2 lain
Blogwalking mempunyai kontribusi untuk meningkatkan traffic yg cukup significant. Terutama untuk blog2 atau toko2 yg mempunyai page rank tinggi.

2. Back Link / Tukar link dengan toko online sejenis atau dengan blog lain
cara ini juga bisa membuat traffic pengunjung setiap harinya semakin bertambah.

3. Natural Listing
Natural listing merupakan kegiatan submit website pada search engine. Search engine directory utama yg sempat saya submit kesana diantaranya:
- Google.com melalui http://www.google.com/addurl
- Yahoo.com melalui http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
- MSN.com melalui http://www.bing.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2

4. Submit ke iklan baris
Langkah ini akan mendatangkan pengunjung yg lebih spesifik. Karena di situs tsb bisa submit sesuai dengan kategori barang yg akan kita jual. Caranya: search di google dengan mengetikkan kata kunci "iklan baris gratis tanpa daftar". Lalu klik tiap situs iklan tsb dan submit iklan anda dg kata2 yang sederhana dan cukup jelas mendeskripsikan product anda, jgn lupa tambahkan link ke sius/toko anda.

5. Promosi ke komunitas tertentu melalui situs jejaring Facebook
Dengan membuat account khusus, saya tampilkan foto2 product dan link ke tokoku. Tidak lupa saya lakukan tagging foto sesuai komunitasnya. Contohnya: foto miniatur vespa ke komunitas scooter, foto miniatur sepeda ke komunitas sepeda onthel, foto miniatur harley ke komunitas Harley Davidson. Langkah kelima ini ternyata tepat sasaran. Karena customer yg kita bidik sesuai dengan barang yg kita jual.

Lengkap kan Tips-tipsnya. Nanti kalo ada tambahan saya akan posting lagi. Selamat berwirausaha.

8 comments:

  1. hhm....
    sempat kepikiran pingin punya toko online juga
    tapi entahlah sampai sekarang belom berani memulai.
    hehehe

    ReplyDelete
  2. Tante, semoga sukses ya toko online nyaaa

    ReplyDelete
  3. tips nya oke mbak, aku pingin coba ah

    ReplyDelete
  4. tipsnya bagus2 , dah konsul ma owner kios108 tapi msh byk tapinya nich, belum action, kepingin bgt pdhl...

    ReplyDelete
  5. Sukses selalu yah Mba toko onlennya. Kalo gw mah lebih berbakat nyeles langsung *secara dengan lagak premans eperti gw biasanya orang takut jadi langsung beli deh barangnya hehehe*

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum. Mbak, salam kenal dari saya. Saya tertarik dengan postingan ini. Saya sendiri punya Toko tapi bukan Toko Online. Setelah membaca postingan ini, jadi kepingin untuk dibuat Toko Online Mbak. Ma kasih ilmu dan pengalamannya, bermanfaat sekali buat saya.

    ReplyDelete
  7. Udh mule jualan lewat fb tapi gk laku2 nih, ad saran?


    http://facebook.com/shopatpineapple

    ReplyDelete

Silahkan komentar