Tuesday, October 6, 2009

Tips Menjalankan Toko Online

Aku mau sharing sedikit tentang toko Onlineku “kios108.com” yang baru 3 bulan ini kami kelola. Belum banyak sech pengalaman yang kami dapat, tapi ngga ada salahnya kami ceritakan disini supaya bisa menjadi tambahan semangat bagi teman2 yang akan membuka toko online juga.

Langkah-langkah yang harus ditempuh supaya toko online kita banyak pengunjungnya adalah : nyontek di blognya Mas Andri yaaa….lengkap banget disitu. Kira-kira rangkumannya begini :

1. Blogwalking ke blog / toko-toko lain
2. Tukar Link dengan toko lain yang sejenis atau dengan blog lain
3. Natural Listing
4. Submit ke Iklan baris
5. Promosi ke komunitas tertentu melalui situs jejaring Facebook
6. Mengganti Domain tokonya menjadi dot.com

Dari langkah-langkah tsb yang baru aku lakukan adalah point ke 3,4 dan ke 6. Tapi alhamdulillah omzet penjualan dari 13/07/2009 sd 12/09/2009 mencapai Rp. 21.361.000 yang terdiri dari 58 Invoice dengan nilai invoice tertinggi Rp. 1.840.000 dan Invoice terkecil Rp. 70.000.


Sebenarnya seminggu sebelum lebaran masih banyak orang yang order tapi aku tolak karena takut paketnya telat sampainya secara waktu itu jasa pengirimannya lagi sibuk banget.

Oh ya waktu itu aku juga dapat pelanggan dari warga Indonesia yang tinggal di Amerika, sebelumnya dia order untuk saudara2nya di Malang dan Cirebon. Terus kemudian dia order lagi untuk dikirim ke Amerika. Paket kami kirim via PT Pos Indonesia yang katanya paket akan sampai dalam waktu 3-5 hari. Kami kirim tanggal 11/09/09 tapi ternyata kami dapat email yang mengatakan sampai dengan tanggal 26/09/09 barang belum sampai. Wah aku benar2 kecewa dengan pelayanan PT Pos Indonesia. Hari itu juga aku ke Kantor Pos untuk menanyakan ada dimana paket tsb. Ternyata paketnya masih ada di Bandara Soekarno Hatta. Petugasnya bilang nanti dikabarin karena petugas di Bandaranya tidak bisa dihubungi. Aku tunggu tidak ada kabar juga akhirnya hari senin aku telepon dan petugasnya masih kasih alasan yang sama. Hari Selasanya aku telepon lagi dan petugas tsb masih ngasih alasan yang sama juga. Akhirnya aku marah2 dan mengatakan kalau barang masih di Indonesia aku ambil aja gak jadi dikirim ke Amerika karena percuma paketnya udah gak bisa dipake untuk Lebaran. Petugas tsb bilang nanti di cek lagi dan akan dihubungi. Pada akhirnya hari Rabu aku telepon lagi dan petugasnya mengatakan paket sudah sampai, silahkan cek dari internet. Setelah aku cek dari internet ternyata paketnya baru dikirim hari sabtu 26/09/09 jam 14.00 setelah aku lapor jam 11.00. Mudah2an ada petugas PT Pos Indonesia yang membaca postingan ini supaya bisa meningkatkan pelayanannya demi kepuasan pelanggan.

Kendala-kendala menjalankan toko online yang aku alami kemarin diantaranya :

1. Banyak pelanggan yang ragu2 / tdk percaya dengan toko onlineku hanya karena aku tidak mencantumkan alamat toko.

2. Salah menghitung ongkos kirim, ini sering banget aku alami karena waktu yang mepet dan kurang konsentrasi (maklum nyuri2 waktu di kantor hihihi…). Biasanya kalau kurangnya banyak aku kabarin ke pelanggan dengan harapan mereka mau transfer kekurangannya. Dan pengalaman kemarin rata2 mereka mau transfer kekurangannya dan memaklumi kesalahanku hehehe….

3. Ada juga beberapa pelanggan yang komplain barangnya tidak sesuai yang diharapkan, misalnya ada yg kirim email bilang “koq bajunya tidak putih bersih?” Padahal baju tsb warnanya putih tulang, Ya tentu saja tidak putih bersih. Atau ukuran bajunya kekecilan padahal mereka sendiri yang minta ukuran tsb. Dan ada juga yang menduga mukena lukis warna biru disangkanya biru terang padahal biru muda. Bagi mereka yang komplain aku tawarkan untuk kembalikan barang tukar uang, tapi akhirnya mereka gak jadi tukar barang karena kesalahan ada pada mereka. Eh ada satu sech yang barangnya dikembalikan karena memang gak cukup untuk anaknya, tapi Alhamdulillah barangnya laku dibeli orang lain.

4. Banyak juga pelanggan yang cerewet nanya2 terus kapan barang akan dikirim, sepertinya mereka takut dibohongin karena sudah transfer sejumlah uang. Kalau lagi sibuk banget kadang keki juga menghadapi pelanggan yang seperti ini hehehe…..

Begitulah pengalaman aku selama menjalankan toko online. Kemarin order banyak karena barang yang kami jual adalah baju koko/baju muslim dan momentnya menjelang Lebaran. Kalau sekarang order sudah mulai sepi. Makanya aku lagi berusaha mencari supplier baju batik nech, soale kalau baju batik kan tidak mengenal musim. Apalagi sekarang UNESCO sudah mengakui kalau batik adalah warisan budaya Indonesia. Kalau ada yang tau supplier baju batik tolong kabarin aku yaaa…atau ada yang mau kerjasama menitipkan barangnya di toko kami, akan kami sambut dengan senang hati. Aku juga mencari supplier “Oleh-oleh Haji’ yang mau menitipkan barang dagangannya di Kios108.com.

Oh ya, rencana kami juga mau bisnis kardus bekas...kebetulan Bosku punya pabrik kertas yang membutuhkan kardus bekas sebagai bahan bakunya. kalau ada yang punya kardus bekas jangan dibuang yaaa..Kumpulin aja nanti kita jemput barangnya. Tapi ini untuk area tertentu aja ya hihihihi....untuk lebih jelasnya kunjungu website kami disini

18 comments:

  1. Thanks ya sharingnya. Wah hebat eung rencana2nya. Aku jadi kepengen juga neh pny toko onlen. Tapi belom cukup modal. Hehe..
    Anyway semangat terus yaa..

    ReplyDelete
  2. Nia,
    Sukses terus ya buat tokonya.
    Tipsnya ini bisa aku pakai juga nanti klo aku buat toko online... :)
    Btw kok bisa hitung ongkir salah? Salah hitungnya gimana say? Salah timbang jd salah kasih harga?
    Hmmm urusan tiki emg sering trouble ya..
    Tp memang pembeli itu macam2 tipe ya say, emg pasti ada yg cerewettt bgd kekeke.... kudu banyak persediaan sabarnya hehee..

    ReplyDelete
  3. @ Deasy Noer : Bunda, bisnis online gak perlu modal banyak koq...soale aku udah membuktikannya, yg penting tekad bulat utk membuka usaha sendiri, Insya Allah akan dikasih jalan yg lancar...amiin

    ReplyDelete
  4. @ Zee : iya mom, soale banyak juga pelanggan yang belinya banyak, campur2 antara baju koko, mukena...nahh aku cuma pake feeling aja ngitung ongkirnya hihihih....soale aku kan lagi di ktr, sementara mereka minta data secepatnya berapa yg harus ditransfer (total harganya + ongkirnya)...kalo nunggu aku pulang ktr mrk transfernya besoknya lagi..yah nanti jadi hilang 1 hari, krna ngejar waktu itulahh aku jadi suka salah2 ngitung ongkir hehehe....

    ReplyDelete
  5. heubat deh mamanya ina ini (sambil angkat jempol 2)....trims tips2nya jadi mupeng juga pengen py toko online.........

    ReplyDelete
  6. waaa thanks nih tips nya..
    berguna banget kalo suatu saat nanti buka onlen shop juga hehe...
    mengiurkan juga ya mam omzetnya padahal baru beberapa bulan aja.

    sukses terus yaaaa..... apalagi ada calon baby nih, moga2 rejekinya tambah banyakkk.... :)

    ReplyDelete
  7. Nice post, alhamdulillah masih ada orang yg mau 'berbagi' ilmunya dlm berbisnis, suka-duka emang selalu ada, yang penting niat tulus, semangat dan terus berdoa ya say...

    Congrats utk bisnisnya, smg makin lancar & tambah sukses, amin

    ReplyDelete
  8. Wah selamat makin sukses bisnisnya, selamat ya...

    ReplyDelete
  9. mbak makin ahli aja nih, thanks tips nya ya

    ReplyDelete
  10. wah, keren mbak..saya juga baru buka usaha online nih. cuma blum maksimal. insyaAllah mo bikin offlinenya..benar mbak pembeli macam2,hehehe...
    sukses yah..

    ReplyDelete
  11. Aku jg jualan batik mb, sbenernya sih mertua aku, aku bag pemasaran aja tp oflen. :) Biasa ambil di Surabaya atau di pasar daerah kalo lagi ke solo atau ke jogja.
    Aku jg punya banyak stok kardus bekas mb, biasa jual sminggu skali ke tk loak. Tp jauh ya..berat di ongkir..:D

    ReplyDelete
  12. Semoga Toko Onlinenya makiin laris..
    Silahkan pasang iklan Gratis di http://www.iklanbunda.co.cc

    Salam Sukses

    ReplyDelete
  13. Makasih ilmunya, aq jd banyak dapet tips buat mengembangkan online shopku, baru buka sih. Kapan2 mampir ke http://nikafashion.multiply.com ya. Tar aq kasih diskon deh....he..he..he...

    ReplyDelete
  14. wah...mantap banget nih tipsnya.
    saya lagi browsing2 tips sukses toko online, eh langsung nemu artikel ini..
    makasih mbak. bisa langsung dipraktekkan nih.. :D

    mampir juga ke lapak saya dong.. http://www.jagoanweb.com

    see yu.. :p

    ReplyDelete
  15. wah hebat mbak, saya juga baru buka toko online, penghasilannya masih dikit karena masalah seo, dan mampir kesini biar nambah semangat.

    oia saya jual tas laptop dan netbook siapa tahu ada yang minat, silahkan mapir aja...

    ReplyDelete
  16. mbak untuk dapetin barang gmna ya? atau yg mau nitip barang..udah mumet nih mbak hehe...punya jasa online untuk produksi apparel kecil2an..tapi mau dirubah jadi toko online..biar kerasa bisnis didunia maya itu menggiurkan..heheu..

    ReplyDelete
  17. Mencerahkan sekali infonya ..... bisa menambah semangat biar ga loyo ..... salam super

    ReplyDelete
  18. Tx yah mbak tipsnya...mau dicoba smua, aku juga baru aja buka toko online modal nekat krn disambi ngantor juga. Tapi pengen jg nih bs menghasilkan banyak dr OS ini

    ReplyDelete

Silahkan komentar