Saturday, December 21, 2013

Evaluasi Belajar Semester Ganjil

Hari Kamis kemarin, Ina sudah dapat raport dari sekolah....Alhamdulillah nilainya bagus...berkisar 70-75-80...meskipun tidak dapat rangking tapi saya cukup puas karena ina bisa bersaing dengan teman-temannya yang usianya lebih tua 1-2 tahun. Sebelum pembagian raport, hasil ulangan semester ganjil sudah dibagikan kepada murid-murid, nilai ina lumyan bagus....hampir sama dengan nilai teman-temannya. Memang di kelas ina, saya lihat kemampuan akademis semua murid hampir sama, karena mereka sudah bisa baca semua, jadi hasil ulangan kemarin yang IPA, IPS rata-rata mereka dapat nilai 90-100.... yang agama karena agak susah dapat nilai 60-80....yang bahasa inggris susah banget, nilainya 50-80....PLBJ, PKN nilainya 80-96, matematika 60-80.

Ternyata raport anak sekolah sekarang tidak mencantumkan jumlah, nilai rata-rata sama rangking...karena penasaran, saya tanya sama gurunya siapa saja yang mendapat rangking di kelas. Ternyata yang mendapat rangking 1-3 anak laki-laki semua, menurut ibu guru...ke 3 anak ini termasuk anak yang aktif, dekat dengan guru, berani maju ke depan, dan tulisannya rapih.

Setelah selama 6 bulan ina bersekolah di Sekolah Dasar, saya bisa menagmbil kesimpulan kalau anak mau masuk SD harus sudah bisa baca. Jika ada beberapa orang tua yang ngga setuju anak-anaknya sudah diajarkan calistung di TK, kalau menurut saya pribadi itu salah besar....karena untuk masuk ke SD sekarang ini ada tes baca, tulis dan berhitung.......memang sech untuk masuk Negeri tidak mensyaratkan anak bisa baca, yang penting umur sudah mencapai 7 tahun, tapi nanti setelah anak itu sudah berada di lingkungan sekolah, kasihann....karena kurikulum anak kelas 1 SD sekarang ini susah bangett.....udah gitu 3 bulan pertama ada mid semester, disini soal tidak dibacakan guru, tapi anak harus baca sendiri dan mengisi sendiri....kebayang kan bagimana anak kita nanti kalo belum bisa baca? anak akan minder dengan teman-temannya yang sudah lancar membaca....dan dipastikan nilainya akan jeblok.

Berikut ini beberapa contoh soal waktu semester ganjil kemarin, banyak sekali soal yang salah cetak, salah jawaban, bahkan kolom nama yang paling penting malah ngga ada....



 Ini soal bahasa inggris, menurut saya untuk anak kelas 1 SD soalnya terlalu sulit....bahkan ada yang soalnya salah....seperti soal nomor 5 gambar meja tapi pilihan jawabannya kursi :), soal no. 3 jawabannya udah benar gelas tapi malah disalahin :(


 Soal bahasa Indonesia...soal no 21 kalau gurunya cerdas, seharusnya anak yang tidak mengisi jawaban seperti ina...dibenarkan...karena soalnya yang salah....ibu - dapur - memasak....kan ngga mungkin jawabannya ibu memasak dapur.....emang dapur bisa dimasak....seharusnya soalnya ditambah di supaya anak-anak bisa menjawab dengan benar


Soal matematika, lumayan sulit menurut saya....perasaan dulu waktu saya kelas IV SD baru diajarin soal cerita hihihihi......

20 comments:

  1. karena untuk masuk ke SD sekarang ini ada tes baca, tulis dan berhitung ?

    Wah ... di tempat anak-anak saya sekolah itu tidak ada lho ...

    Tapi yang jelas ... apapun itu ... kita semua wajib menumbuhkan semangat agar anak-anak bergembira datang ke sekolah ... (bukan sebaliknya)

    Salam saya Mama Ina

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oom...anak saya sempat 2 kali ditolak waktu mau daftar SD....pas di test calistung.... ina bisa jawab.... akhirnya diterima juga di sekolah itu....Alhamdulillah....

      saya juga bingung sama pemerintah....lihat kurikulum anak SD sekarang ini, anak yang belum bisa baca ngga mungkin bisa mengikuti pelajaran dengan baik....semua LKS mata pelajaran bacannya udah panjang panjang......kasihan beban anak anak sekarang terlalu beraatt....apalagi bahasa inggris, makanya jokowi sampe minta pelajaran bahasa inggris untuk dihapus dari kurikulum SD....

      Delete
    2. Guru SD sekarang udah ngga ada yang mau ngajarin baca...jadi anak yang belum bisa baca, orangtuanya dipanggil...dikasih tau sebentar lagi mau semester kalau bisa pas semester anak sudah bisa baca karena nanti soal-soalnya harus dibaca sendiri...jadi sama gurunya itu anak yang belum bisa baca disuruh belajar dirumah atau les baca....

      Delete
    3. ngeri ya pendidikan jaman sekarang Mbak... anak anak sekecil itu udah dijejali dengan soal soal yang menurut aku yaaa susah banget. anak kelas 1 SD kan terlalu kecil deh...
      jadi inget jaman aku masuk SD dulu, gurunya setiap hari ngajari A-I-U-E-O... karena banyak sekali teman-temanku yang belom bisa baca. beda jauh sama sekarang yaa

      Delete
    4. sekarang SD udah ngga diajarin AIUEO mbak Elsa....itu pelajaran TK....makanya kalo anak jaman sekarang ngga dimasukin TK kasihan.....di SDnya bakal ketinggalan pelajaran...

      Tapi ada tetanggaku yang udah sekolah PAUD, TK...pas masuk SD belum bisa baca....akhirnya dia ngga naik kelas.....

      Delete
  2. Saya sangat prihatin dengan pendidikan dasar saat ini. Sepertinya anak-anak tidak mendapatkan pendidikan sesuai usianya. Anak kelas 1 SD secara natur masih dalam usia bermain, semestinya hanya difokuskan pada calistung. Tapi nyatanya, banyak sekali sekolah yang dari kelas 1 SD sudah memberikan pelajaran Bahasa Inggris, dan bahkan di beberapa sekolah Islam, ada Bahasa Arab segala. Anak-anak terlalu berat bebannya. Dan bila beban ini sudah keterlaluan, yang ada mereka jadi malas belajar dan tidak fokus..

    Selamat untuk pencapaian Ina ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Pak... setuju banget. kasihan deh sama anak anak jaman sekarang

      Delete
    2. bener banget uda....pelajaran bahasa inggrisnya susah bangett....dulu saya diajarin itu pas SMP ....sekarang kelas 1 SD...coba bayangin...makanya teman-temannya ina banyak juga yang dapat nilai 2, 3 bahkan 0

      Ina sorenya ngaji di TPA....ada semesternya juga....kalo lihat pelajarannya duuuh lebih berat lagi.....banyak hafalannya....ada bahasa arabnya juga...tapi Alhamdulillah untuk ngaji ini ina senang sama gurunya dan pelajarannya...jadi dia dapat rangking 3 dan sekarang naik kleas Mustawa 2

      Delete
  3. mbak nia, ina masuk sd umur berapa? sekarang jadi salah kaprah ya.. di sisi digembar-gemborkan kalo TK harusnya bermain, bukan calistung. Trus masuk SD juga ga boleh ada tes calistung. Tapi fakta di lapangan beda jauh 180 derajat. istilah "iki jaman edan, yen ora edan ora kumanan" bisa jadi bener.. kalo anak ga ikutan calistung, ntar dia ga bisa ikutin pelajarn en ketinggalan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ina masuk SD umur 5,5 tahun mbak.....waktu masukin ina SD, saya cuma mikirnya karena ina udah lancar baca....udah gitu di PAUD udah 2 tahun, TK 1 tahun...kayaknya kalo harus ngulang TK lagi takut anaknya bosan.....saya ngga tau sama sekali kalo ternyata pelajarannya susyahhh banggett ngettt.....mudah-mudahan aja ina ngga merasa ini jadi beban yang berat....makanya saya ngga terlalu maksa ina belajar....kecuali kalo ada PR.....

      Delete
  4. Semoga Ina semangat dan senang terus belajarnya ya

    ReplyDelete
  5. Iya Mom..pelajaran sekarang susah bener ya..Udah bagus mom pencapaian Ina kan Ina masi kecil ....dulu Fai pas TK, masak tambahan2nya 30+15 gitu...hadeuuhhhh

    ReplyDelete
  6. kurikulum pemerintah yang baru sebetulnya jauh lebih menyenangkan, lho. Karena bukan akademis tapi karakter yang dilihat. Pelajarannya juga jauh lebih ringan. Cuma memang baru 30% sekolah yang dapet uji coba. Semoga Ina segera dapet kurikulum baru, ya. Yang penting tetap semangat! :)

    ReplyDelete
  7. terimakasih atas informasinya gan, sangat sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas
    http://goo.gl/F7QLtv

    ReplyDelete

Silahkan komentar