"Besok yach....kalo transfer dibawah jam 12 dikirim pada hari ini, transfer diatas jam 12 dikirim besoknya..."
"Tapi ngga nipu khan?????"
"Mbak....saya serius mau order, tapi Mbak punya ngga saudara atau teman di surabaya...nanti saya bayar cash aja ke saudara/teman mbak itu"
"Sebenarnya saya punya teman di surabaya, tapi kan ngga enak mbak nyusahin teman....kalo emang Mbak ngga percaya ngga jadi order juga gpp koq....mungkin belum rejeki saya"
Begitulah kira-kira sms antara saya dan calon pelanggan yang terjadi karena calon pelanggan pernah trauma ditipu oleh pengelola toko online. Biasanya nech kalo saya lagi error saya suka jawab sms dengan nada ketus, tapi ini sering di kompalin sama suami hihihi.........
Menurut saya, sebagai pembeli kita juga harus cerdas dalam mengamati toko online yang akan kita beli, misalnya dengan menanyakan account Facebooknya, karena dari situ kita bisa melihat riwayat hidup si pengelola toko online tsb (ini juga kalo accoun fbnya asli heheeh). Atau yang lebih bagus lagi kalo pengelola toko online tersebut punya blog. Yahh biasanya untuk meyakinkan calon pelanggan saya memberitahu blog pribadi saya kepada mereka, dengan harapan setelah melihat blog pribadi saya mereka akan percaya bahwa saya tidak pernah berniat sedikitpun untuk menipu...naudzubillahimindzalik.....
Benar yang dibilang Uda Vizon dalam postingannya yang berjudul Blog dan Toko Online : "Dan karena aku ngeblog, toko online-ku
bisa dikenal dengan baik, juga karena aku ngeblog, orang yang
berkunjung ke toko online-ku bisa mengenal dengan baik, siapa dibalik
layar mainanbocah.com tersebut. Dengan demikian, antara ngeblog dan toko online memiliki hubungan yang sangat kuat, menurutku." bener banget tuch...
Tapi meskipun saya sudah memberitahukan blog pribadi saya, biasanya masih ada aja orang yang tetap ngga percaya dengan keberadaan toko online kami, padahal saya sudah pernah posting resi bukti pengiriman yang sedemikan banyak itu. Hmmm kalau sudah begitu saya ngga mau berpanjang lebar lagi, karena sebenarnya semua tergantung amalan, kalau kita tidak pernah berbuat jahat sama orang, insya Allah kita juga tidak akan dijahati sama orang lain.
Saya hanya berfikir begini, untuk apa juga saya mengorbankan nama baik toko online saya yang sudah berjalan selama 3 tahun hanya untuk uang seratus ribu rupiah??? Yahh karena biasanya orang yang curiga dengan keberadaan toko online saya sebenarnya hanya ingin berbelanja 1potong baju yang totalnya seratus ribuan, sementara yang belanja hingga total lima jutaan anteng-anteng aja tuch, tanpa banyak cincong langsung transfer. Hmmm memang benar yang Pakdhe Cholik bilang, karakter manusia itu bermacam-macam, tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan bijak.
Iyaa juga yaa bu nia, kalau orang percaya yaa udah langsung ajah berjlan :D
ReplyDeleteBetul...kalo ngga percayaan sama orang, mending beli langsung aja......jadi gak akan khawatir yang berlebihan hehehe.....
DeleteDalam bisnis ... on line maupun off line ...
ReplyDeleteyang namanya trust itu harus selalu dikedepankan ...
dan .. Ya ... ini tidak bisa terjadi sehari ... dua hari ...
ini perlu dibangun ...
So ... maju terus Mama Ina ... Maju Terus kios 108
lambat laun orang akan tau reputasi Mama Ina di jagat per online-an ... dan itu sifatnya getok tular dari mulut ke mulut ...
Salam saya Mama Ina
Sukses !!!
Terimakasih Oom....terimakasih atas doa dan supportnya.....smoga kedepannya saya bisa menghadapi orang yang ngga percayaan seperti itu dengan sabar.....
DeleteSetuju banget dengan Om Nh, bahwa kepercayaan itu perlu dibangun dan dijaga. Apalagi bisnis online. Semuanya sangat bergantung pada kepercayaan. Kita sebagai pebisnis online, jika ingin dipercaya, maka buatlah diri kita bisa dipercaya. Caranya? Jangan pernah berniat untuk melakukan penipuan.. :)
DeleteSemoga usaha online kita sukses selalu ya Mbak Nia..
setuju sekali sama postingan ini deh tante.. sebagai sesama owner online shop, aku juga sering mendapat sms2 kayak gitu. apalagi tante ya yang udah 3 taun. aku aja yang baru setahun lebih kadang masih sering ketus juga. wkwk
ReplyDeleterejeki gag akan kemana.. bahkan aku pernah bermasalah dengan paket via pos yang gag nyampe2. si pembelinya jadi sering telponin aku dan ngchat aku di fb. tapi berawal dari situ, walaupun awalnya si pembeli ngomel2, kita malah jadi deket. si pembelinya malah nganggap aku adek, jadi pelanggan setiaku, ngasih aku coklat dari singapore, bahkan kemarin minggu dia nikah pun ngasih kartu undangan ke aku. sungguh nikmat dari manjaga kepercayaan itu nikmat :D
well, aku seneng jadi pebisnis online :)
aku juga pernah ngalamin hal yg ngga enak.....pernah aku salah kasih no resi...maklum lg sibuk jadi ngga konsen...ehh orang itu marah2....sms terus2aan dgn kata2 yang kasar....aku dibilang penipulahh....untungnya nech waktu org itu sms suamiku yg balas...karna aku udah tidur.....beberapa hari kemudian dia sms kalo barang udah diterima....besoknya aku baru baca sms2 makian yang dia kirim ke suamiku....wahhh aku langsung naik pitam.....aku maki2 lagi itu orang.....intinya sebenarnya kan hanya kesabaran aja....
Deletemau curcol nih mbak, ada seseorang yang minta beli buku lewat aku minta keringanan harga, aku bilang ga bisa karena beli sama siapapun harganya akan sama karena kita sudah diberikan harga dari percetakan karena sistemnya komisi. aku tawarkan arisan agak lebih ringan tapi dia gak percaya katanya nanti ada yg gak bayar gimana, dia malah meminta aku yang belicash trus dia yang kredit ke aku. wah ini gak bener dia gak percaya sama orang lain gimana aku mau percaya sama dia ya. ternyata dia membandingkan harga buku dengan orang lain yg ternyata memang harganya sama, ada loh sampai 30 sms untuk tanya2 ini tetep aku layani. tapi akhirnya aku reply pertanyaan selanjutnya diemail saja. oooops curhatnya panjang mbak :)
ReplyDeleteAku juga pernah mbak Lid...ada yang mau cetak sampul yasin 7 kodi...ada tulisan : mengenang 40 hari wafatnya fuln binti fulan....tp dia ngga mau bayar dulu...maunya udah dkirim ke alamt rumah dia baru mau bayar...sementara rumahnya dia di pulau jawa paling timur...siapa yang bisa jamin nanti klo barang udah selesai dia mau bayar? sementara untuk pesan sampul yasin itu aku harus bayar full 100%....misalnya dia pesan baju koko, kalo ngga jadi order aku bisa jual ke orang lain...nah ini sampul yasin yang ada tulisan nama ibunya...mana bisa aku jual ke orang lain....nahh kalo dia aja ngga percaya, bagimana aku bisa percaya juga sama dia.....
Deletetetap semangat mbak Nia. Pembeli memang raja, tapi jika raja kebangetan sikapnya yo jangan salahkan rakyat jika ada revolusi.
ReplyDeleteTapi tetap dong harus melayani calon pembeli dengan sepenuh hati, insya ALLAH deh dagangan sampean laris manis
Terimakasih Uncle Lozz......aku selalu melayani pembeli dengan sepenuh hati koq...tapi kalo pembelinya menyebalkan biasanya aku kasih suami yg suruh tangani hehhehe.........
DeleteSalut ma mama satu ini, kapan ya bisa mengikuti jejaknya mom nia..
ReplyDeleteayo mom kalo mau buka toko online nanti aku ajarin...sebenarnya dari sekarang juga bisa loch dimulai...jadi reseller/dropship nya kios108 aja hehee.......
DeleteSemua usaha yang dilandasi dengan kejujuran akan maju Mbak, yakinlah...
ReplyDeleteTingkah pembeli yang neko2 anggap aja tantangan, sepakat Mbak, semua tergantung amalan, jadi kalau kita buat usaha tak merugikan/menipu orang lain maka kesuksesan hanyalah masalah waktu saja...
Bener Mom....awalnya aku suka kesel kalo ada pembeli yg cerewet...tp lama-lama udah mulai menikmati hehehhe...
DeleteSuka dukanya menghadapi pelanggan ya mb ...
ReplyDeleteSemoga tokonya semakin maju ...
salam
Lain kali kalau ada mbak-mbak yang mau titip uang sama saya mintakan fotonya sekalian ya jeng..kedip2
ReplyDeleteKejujuran memang harus dijunjung tinggi agar bisnis kita langgeng lestari.
Maju terus jeng
Salam hangat dari Surabaya
menghadapi pelanggan memag macam2 ya.. Dr yg asik sp yg enggak.. tinggal kitanya sbg pelanggan yg harus pintar2 menyikapi :)
ReplyDeleteHehe.. saya sangat mengerti perasaan pembeli yang berdebar2 menantikan tibanya barang sementara uang telah ditransfer.
ReplyDeleteSemoga usahanya semakin meningkat ya, Mbak :)
keadaan saya malah terbalik mbak,,saya yang di tipu pembeli,,karena memang kami kirim barang dahulu...
ReplyDeletekalau baru segitu mah masih dibilang awal cobaan mba,soalnya saya dulu pernah ditipu pas COD
ReplyDeletediudah janji sejak lama, untuk ketemu dalam proses pembelian barang tapi ketika saya sudah ditempat untuk menunggu pembeli.Tidak kunjung muncul hingga 2 jam :(
mental consumen di Indonesia,masih belum cerdas mba alias belum bisa melihat dengan jelas mana toko online yang asli & aspal
berbagi Kata Kata Motivasi
ReplyDeleteSenyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.
semoga bermanfaat dapat di terima, salam kenal dan sukses selalu :D
yang jelas, aku cuman pingin berdoa...
ReplyDeletesemoga makin laris ya Mbak
hehehe
emang repot jg ya mba kl dpt calon customer yg rempong begini... tp biar gimanapun pembeli tetaplah raja yg hrs dilayani dg baik... ga bs dikerasin hehehe... smoga makin laris manis ya mba toko onlinenya :)
ReplyDeletewjar sih mba dapet costumer kayakgitu^^
ReplyDeletecoz skarang banyak banget yang kena tipu
sabar dan makin semangat ya mba nia^^
salam kenal dari newbie :p
salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
ReplyDeleteHargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.
hehehe ... aku termasuk yang parno-an belanja online
ReplyDeleteapalagi sekaliber ebay pun tempat belanja, barangnya tidak sampai juga hingga hari ini. well, bisa saja sih yg nakal ekspedisi, tapi gak tau juga deh.
hanya saja, seperti mba Nia bilang, pembeli bisa mempelajari penjualnya dengan mencermati blog/fb nya.
untungnya, saya punya suami yang tidak kapok belanja online, sehingga masih suka belanja online.
yah soal pembeli sih, gak online gak offline tantangannya pasti selalu ada mbak, dan justru di situ 'kan seninya mengais rejeki hehehe
semangat selalu ya!
membangun kepercayaan di duni maya tepatnya kali ya mbak,,,
ReplyDeletesama saya juga jualan obat herbal onlin mbak,,,
salam kenal ya,,,